ANALISIS DAMPAK POSITIF PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KEMANDIRIAN SISWA SEKOLAH DASAR

Munarsiah, - and Kuntarto, Eko and Budiono, Hendra (2021) ANALISIS DAMPAK POSITIF PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KEMANDIRIAN SISWA SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Skripsi_Munarsiah_A1D117088.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (934kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (694kB)
[img] Text
IMG_20210420_151303.pdf

Download (63kB)
[img] Text
PicsArt_04-20-03.20.pdf

Download (119kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (375kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (183kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (292kB)

Abstract

Pembelajaran daring adalah suatu proses pembelajaran yang menggunakan jaringan internet agar mampu berinteraksi. Upaya dalam meningkatkan kualitas pendidikan ditempuh melalui peningkatan sarana dan prasarana, perubahan kurikulum, proses pembelajaran, peningkatan kualitas guru, tingkat kemampuan dan kemandirian siswa. Kemandirian yaitu melakukan sesuatu tanpa bergantung kepada orang lain. Mandiri adalah salah satu faktor berhasilnya siswa dan penting untuk dimiliki oleh siapa saja yang ingin mencapai sebuah kesuksesan. Oleh sebab itu, dalam proses pembelajaran siswa diarahkan agar mempunyai kemandirian dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak positif pembelajaran daring terhadap kemandirian siswa sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 47/IV Kota Jambi pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021. Data penelitian diperoleh dengan cara melakukan observasi dan kuesioner. Analisis data menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitian fenomenologi. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan peneliti, menunjukkan bahwa siswa kelas VF SDN Kota Jambi mempunyai kemandirian dalam belajar secara daring. Hal ini terlihat pada hasil observasi dan kuesioner yakni dengan rata-rata siswa kelas VF berjumlah 81%. Interval persentase tersebut berada pada kategori sangat baik. Jadi, pembelajaran daring yang telah dilakukan di kelas VF SDN 47/IV Kota Jambi menimbulkan dampak yang positif terhadap kemandirian siswa. Dari hasil penelitian disarankan agar guru lebih kreatif lagi dalam menciptakan suasana pembelajaran agar siswa menjadi lebih semangat dalam belajar. Selain itu, agar siswa mampu mempertahankan kemandiriannya dalam pembelajaran daring.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Munarsiah
Date Deposited: 21 Apr 2021 02:14
Last Modified: 21 Apr 2021 02:14
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19535

Actions (login required)

View Item View Item