PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SECARA DARING

Atia, Apriani (2021) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SECARA DARING. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
cover skripsi.pdf

Download (187kB)
[img] Text
halaman persetujuan.pdf

Download (225kB)
[img] Text
halaman pengesahan.pdf

Download (209kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (185kB)
[img] Text
kata pengantar.pdf

Download (286kB)
[img] Text
daftar isi, gambar, tabel, lampiran.pdf

Download (204kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (301kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (495kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (534kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (319kB)
[img] Text
bab 5.pdf

Download (186kB)
[img] Text
daftar rujukan.pdf

Download (297kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

Apriani, Atia 2021. Pengaruh Penggunaan Model PBL Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Pembelajaran Matematika Secara Daring: Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Yantoro, M.Pd., (II) Suci Hayati, S.Pd., M.Pd., Kata Kunci: model PBL, hasil belajar, matematika Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengalaman penulis saat melakukan praktek lapangan persekolahan (PLP) di SDN 76/IX Mendalo Darat yang menjadi lokasi penelitian. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan model PBL terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran matematika di SDN 76/IX Mendalo Darat. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SDN 76/IX Mendalo Darat Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif desain penelitian ini menggunakan nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan cara memberikan tes tertulis soal uraian (essay) kepada siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika kelas IV SDN 76/IX Mendalo Darat lebih berpengaruh dari pada menggunakan model pembelajaran konvensional (metode ceramah) dalam meningkatkan kemampuan berpikir dan kemampuan dalam pemecahan masalah matematika. Penggunaan model pembelajaran berbasis masalah (PBL) berpengaruh terhadap kemampuan berpikir siswa dilihat dari rata-rata nilai post-test kelas eksperimen 87,2 dan rata-rata pada kelas kontrol 74,1. Untuk uji t pada post-test diperoleh thitung = 2,88 dan ttabel = 1,68 sehingga dapat diketahui bahwa thitung > ttabel pada taraf signifikansi 0,05 hal ini menunjukkan Ha diterima dan H0 ditolak. Jadi dapat disimpulkan terdapat perbedaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (PBL) dengan model pembelajaran konvensional.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Atia Apriani
Date Deposited: 26 Apr 2021 07:02
Last Modified: 26 Apr 2021 07:02
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19561

Actions (login required)

View Item View Item