Rhamadan, Fany Fachri (2021) PENGARUH PENERAPAN E-LEMATIKA ACTIVE FLIPPED CLASSROOM BERBASIS MOODLE DENGAN MODEL PROBLEM POSING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI KELAS VIII SMPS ISLAM AL-FALAH KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
FANY FACHRI RHAMADAN (2).pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (201kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (123kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (284kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (315kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (231kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (134kB) |
Abstract
Rhamadan, Fany Fachri. 2021. Pengaruh Penerapan E-lematika Active-Flipped Classroom Berbasis Moodle Dengan Model Problem Posing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Relasi Dan Fungsi Kelas VIII SMPS Islam Al-Falah Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematikan dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dra. Sofnidar, M.Si, (II) Khairul Anwar, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci : E-learning, Flipped Classroom-Problem Posing, Hasil belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar yang kurang memuaskan dari materi relasi dan fungsi berdasarkan hasil UN 2019 maupun beberapa masalah yang ditemukan di SMPS Islam Al-Falah Kota Jambi yang menyebabkan kurang maksimalnya hasil belajar yang ingin dicapai, maka peneliti tertarik melakukan penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari penerapan E-Lematika Active-Flipped Classroom Berbasis Moodle dengan model Problem Posing terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi relasi dan fungsi. Penelitian kuantitatif ini dilaksanakan di SMPS Islam Al-Falah Kota Jambi pada bulan Desember 2020. Data-data penelitian yang diperlukan diperoleh dengan instrumen tes dan non-tes. Setelah data diperoleh, data aspek keterampilan dan sikap hanya dicari nilai ketuntasannya melalui penilaian ketuntasan minimal Permendikbud 81 A dengan penarikan kesimpulan namun tidak mengeneralisasi populasi. Selanjutnya untuk aspek kognitif akan dilakukan analisis statistik inferensial untuk penarikan kesimpulan atau generalisasi ke seluruh populasi melalui uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran E-lematika Active-Flipped Classroom Berbasis Moodle dengan model Problem Posing terhadap hasil belajar siswa pada materi relasi dan fungsi berdasarkan perbedaan gain score aspek kognitif yang diperoleh dari uji hipotesis melalui uji t dengan hasil nilai t_hitung > t_tabel yaitu 5,039 > 2,005. Sementara itu untuk aspek sikap, kedua kelas berhasil memenuhi kriteria tuntas yakni minimal Baik. Aspek keterampilan, di kelas eksperimen siswa yang berhasil tuntas hanya 18 siswa dan untuk kelas kontrol terdapat 13 siswa yang tuntas, dengan kriteria tuntas minimal B-. Dari hasil penelitian ini maka model pembelajaran E-lematika Active-flipped Classroom Berbasis Moodle Dengan Model Problem Posing dapat digunakan sebagai alternatif guru dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa aspek kognitif pada pembelajaran jarak jauh atau pembelajaran yang menerapkan E-learning.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-learning, Flipped Classroom-Problem Posing, Hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | RHAMADAN |
Date Deposited: | 27 Jul 2021 03:04 |
Last Modified: | 27 Jul 2021 03:04 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/24392 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |