Khodijawati, Siti (2021) Analisis Kecerdasan Visual Spasial Pada Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Kolase Di Ra Darul Haq Kelompok B KAB. Muaro Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI SITI KHODIJAWATI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
Sample 2021-11-22_2.pdf Download (79kB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (264kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (91kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (62kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (64kB) |
Abstract
Berdasarkan hasil pengamatan yang telah dilakukan oleh peneliti pada tanggal 24 Maret 2020 di RA Darul haq Kab Muaro Jambi, dengan jumlah 15 orang anak. Peneliti melihat saat proses pembelajaran yang terjadi didalam kelas, terdapat masalah yakni berkaitan dengan kecerdasan visual spasial, diketahui ada 2 anak yang kecerdasan visual spasialnya berjalan dengan baik dengan inisial GN dan AAJ dan ada 5 anak yang sudah berkembang sesuai harapan dengan inisial AN, NKW, PA, NV, FH sedangkan 8 anak yang lainya pada kecerdasan visual spasialnya masih belum berkembang dengan optimal dengan inisial EPI, LR, SPT, MRD, MRZ, FHR,DK, AHP. Kecerdasan visual spasial anak dalam mengenal warna dan bentuk belum berkembang optimal. Hal ini terlihat ketika proses pembelajaran berlangsung di dalam kelas, yakni ketika anak diminta untuk menyelesaikan tugasnya yaitu mewarnai, anak masih kesulitan dalam mengenal warna dan memadukan beberapa warna menjadi sebuah seni, selain itu anak masih sulit dalam menyusun warna dan mengenal bentuk geometri dengan benar. Tujuan penelitian yaitu untuk menganalisis kecerdasan visual spasial pada anak usia 5-6 tahun menggunakan kegiatan kolase di RA Darul Haq Muaro Jambi. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif, Populasi penelitian anak Kelompok B RA Darul Haq Muaro Jambi jumlah 40 anak, sedangkan sampel 15 anak menggunakan teknik pengambilan sampel random sampeling. Berdasarkan hasil dan pengolahan data, analisis kecerdasan visual spasial pada anak usia 5-6 tahun pada aspek membuat gambar dengan pesan tertentu berada pada kategori “Baik” dengan persentase hasil sebaran angket mencapai 73%. analisis kecerdasan visual spasial pada anak usia 5-6 tahun pada aspek memperoleh informasi berada pada kategori “Baik” dengan persentase mencapai 72%. analisis kecerdasan visual spasial pada anak usia 5-6 tahun pada aspek menggunakan berbagai peralatan seni berada pada kategori “Baik” dengan persentase mencapai 71%. analisis kecerdasan visual spasial pada anak usia 5-6 tahun pada aspek berkomunikasi melalui bentuk seni visual berada pada kategori “Baik” dengan persentase mencapai 72%. analisis kecerdasan visual spasial pada anak usia 5-6 tahun pada aspek menggambar objek sesuai berada pada kategori “Baik” dengan persentase mencapai 74%. Kesimpulan pada penelitian yaitu analisis kecerdasan visual spasial anak usia dini dengan kegiatan kolase di RA Darul Haq secara umum berada pada kategori “Baik”
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | KHODIJAWATI |
Date Deposited: | 22 Nov 2021 04:22 |
Last Modified: | 22 Nov 2021 04:22 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/27782 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |