Widyasari, Kiki (2021) Pengembangan E-modul Pembelajaran Matematika Berbasis Android dengan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMP Pada Pokok Bahasan Aritmatika Sosial. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
A1C218056 KIKI WIDYASARI SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
![]() |
Text
A1C218056 KIKI WIDYASARI SKRIPSI ABSTRAK.pdf Download (365kB) |
![]() |
Text
A1C218056 KIKI WIDYASARI SKRIPSI COVER.pdf Download (341kB) |
![]() |
Text
Halaman persetujuan dan pengesahan.pdf Download (616kB) |
![]() |
Text
A1C218056 KIKI WIDYASARI SKRIPSI BAB 1.pdf Download (594kB) |
![]() |
Text
A1C218056 KIKI WIDYASARI SKRIPSI BAB 5.pdf Download (154kB) |
![]() |
Text
A1C218056 KIKI WIDYASARI SKRIPSI DAPUS.pdf Download (390kB) |
Abstract
Kiki W S. 2021. Pengembangan E-modul Pembelajaran Matematika Berbasis Android Dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMP N 5 Jambi Pada Pokok Bahasan Aritmatika Sosial: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP, Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Dra. Mujahidawati, M.Si., (II) Drs. Gugun M Simatupang, M.Si. Kata Kunci: E-modul, Android, Pendekatan Kontekstual, Minat, Aritmatika Sosial Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul pembelajaran matematika berbasis android dengan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan minat belajar siswa SMP N 5 Jambi pada pokok bahasan aritmatika sosial berdasarkan penilaian dari responden mengenai validitas, kepraktisan dan keefektifan. Serta untuk mengetahui kelayakan hasil pengembangan e-modul pembelajaran matematika berbasis android dengan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan minat belajar siswa SMP N 5 Jambi pada pokok bahasan aritmatika sosial. Jenis penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian pengembangan dengan model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE yang meliputi Analysis, Design, Development, Implement, dan Evaluate. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Jambi dengan subjek berjumlah 20 orang siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) E-modul pembelajaran matematika berbasis android dengan pendekatan kontekstual yang dikembangkan dengan model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE berdasarkan penilaian dari responden mengenai validitas dan kepraktisan. (2) Kualitas e-modul pembelajaran matematika berbasis android dengan pendekatan kontekstual yang dikembangkan ini sudah layak digunakan jika dilihat dari hasil validitas dan kepraktisan, dengan hasil yang diperoleh dari validasi oleh ahli materi dan validasi oleh ahli media memperoleh rata-rata 94% dengan kriteria sangat valid. Kemudian berdasarkan kepraktisan dari hasil angket respon guru, angket minat siswa, dan angket respon siswa memperoleh rata-rata 86,9% dengan kriteria sangat praktis. Sedangkan keefektifan dari e-modul yang dikembangkan belum bisa dinyatakan kebenarannya, hal ini dikarenakan penelitian dilakukan kepada siswa/i kelas VIII yang sudah mempelajari materi aritmatika sosial.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-modul, Android, Pendekatan Kontekstual, Minat |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | WIDYASARI |
Date Deposited: | 19 Jan 2022 01:26 |
Last Modified: | 19 Jan 2022 01:26 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/30439 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |