IDENTIFIKASI PERKEMBANGAN BAHASA DALAM KEAKSARAAN ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA 2 KOTA JAMBI (STUDI TENTANG MENYEBUTKAN SIMBOL-SIMBOL HURUF YANG DIKENA, MENYEBUTKAN KELOMPOK GAMBAR YANG MEMILIKI BUNYI/HURUF AWAL YANG SAMA, dan MENULISKAN NAMA SENDIRI)

Giovani S., Anggasta Paska (2022) IDENTIFIKASI PERKEMBANGAN BAHASA DALAM KEAKSARAAN ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA 2 KOTA JAMBI (STUDI TENTANG MENYEBUTKAN SIMBOL-SIMBOL HURUF YANG DIKENA, MENYEBUTKAN KELOMPOK GAMBAR YANG MEMILIKI BUNYI/HURUF AWAL YANG SAMA, dan MENULISKAN NAMA SENDIRI). S1 thesis, UNIVERSITAS UNJA.

[img] Text
SKRIPSI ANGGASTA FIXXX (1)-dikonversi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (115kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (164kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (371kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (340kB)
[img] Text
BAB IV (1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (107kB)
[img] Text
COVER, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL-dikonversi.pdf

Download (174kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (845kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Sitopu, A. 2021. Identifikasi Perkembangan Bahasa Dalam Keaksaraan Anak Usia Dini 5-6 Tahun Di TK Negeri Pembina 2 Kota Jambi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. FKIP. Universitas Jambi. Pembimbing: (1) Drs. Tumewa Pangaribuan, M.Pd (II): Prof. Dr. Mahdi Bahar, S.Kar., M.Hum Masalah dalam penelitian ini adalah terdapat 8 dari 56 anak yang perkembangan bahasa dalam keaksaraan anak usia dini 5-6 tahun di TK Negeri Pembina 2 Kota Jambi yang belum berkembang secara baik. Masih belum berkembangnya perkembangan bahasa dalam keaksaraan ini terlihat ketika anak mengikuti proses pembelajaran, dimana pemahaman anak terhadap menyebutkan simbol-simbol huruf yang dikenal, menyebutkan kelompok gambar yang memiliki huruf awal yang sama, dan menuliskan nama sendiri masih belum berkembang dengan optimal. Tujuan penelitian ini ialah : 1) Untuk mendeskripsikan tingkat perkembangan bahasa dalam keaksaraan pada aspek menyebutkan simbol-simbol huruf yang dikenal. 2) Untuk mendeskripsikan tingkat perkembangan bahasa dalam keaksaraan pada aspek menyebutkan kelompok gambar yang memiliki huruf awal yang sama. 3) Untuk mendeskripsikan tingkat perkembangan bahasa dalam keaksaraan pada aspek menuliskan nama sendiri. Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitaif. Populasi penelitian ini berjumlah 65 anak. Sampel penelitian ini berjumlah 56 anak. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan studi dokumentasi. Teknik analisis menggunakan kriteria penafsiran presentase. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian didapatkan: 1) Identifikasi perkembangan bahasa dalam keaksaraan pada aspek menyebutkan simbol-simbol huruf yang dikenal pada tingkat “Tinggi” (68%). 2) Identifikasi perkembangan bahasa dalam keaksaraan pada aspek menyebutkan kelompok gambar yang memiliki huruf awal yang sama pada tingkat “Tinggi” (66%). 3) Identifikasi perkembangan bahasa dalam keaksaraan pada aspek menuliskan nama sendiri pada tingkat “Tinggi” (72%). Kesimpulan penelitian bahwa perkembangan bahasa dalam keaksaraan anak usia dini 5-6 tahun di TK Negeri Pembina 2 Kota Jambi berada pada tingkat “Tinggi”. Kata kunci : Identifikasi, Perkembangan Bahasa, Keaksaraan

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Identifikasi, Perkemgangan Bahasa, Keaksaraan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Sitopu
Date Deposited: 26 Jan 2022 03:37
Last Modified: 26 Jan 2022 03:37
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/30846

Actions (login required)

View Item View Item