Implementasi Model Self Organized Learning Environment (SOLE) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Teks Laporan Hasil Observasi Kelas X Ipa 1 SMAN 11 Kota Jambi

Yuliani, Eva and Rustam, Rustam and Priyanto, Priyanto (2022) Implementasi Model Self Organized Learning Environment (SOLE) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Teks Laporan Hasil Observasi Kelas X Ipa 1 SMAN 11 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
FILE FULL TEKS SKRIPSI EVA.pdf

Download (4MB)
[img] Text
COVER SKRIPSI EVA.pdf

Download (210kB)
[img] Text
PERSETUJUAN EVA.pdf

Download (307kB)
[img] Text
PENGESAHAN EVA.pdf

Download (308kB)
[img] Text
ABSTRAK EVA.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (185kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (408kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan self organized learning environment (SOLE) pada proses pembelajaran teks laporan hasil observasi kelas X SMAN 11 Kota Jambi. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 11 Kota Jambi pada 18 November-29 November 2021. Data penelitian diperoleh dengan observasi, wawancara terhadap guru bahasa Indonesia dan siswa kelas X IPA 1 serta dokumentasi. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, dengan menggunakan metode studi kasus, dikarenakan objek penelitian bersifat mendalam yaitu di SMAN 11 Kota Jambi. Hasil penelitian menunjukkan implementasi model pembelajaran SOLE terlaksana. Tahapan pada pembelajaran model SOLE, yakni tahap pertanyaan (question) peserta didik mampu menjawab pertanyaan inkuiri dari guru, tahap penyelidikan (Investigation) peserta didik mampu berkolaborasi, berkomunikasi dengan kelompok sehingga dapat menyelesaikan tugas dengan baik, tahap ulasan (review) peserta didik mampu mengkomunikasikan hasil temuan bersama kelompok melalui presentasi di depan kelas. Kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik mampu menalar, serta berpikir atas pertanyaan-pertanyaan maupun menyimpulkan pendapat dari masing-masing setiap anggota kelompok. Hasil penelitian disarankan agar proses belajar menggunakan model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, salah satunya mengimplementasikan model SOLE dalam pembelajaran teks laporan hasil observasi.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Self organized learning environment, berpikir kritis, teks laporan hasil observasi
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Universitas Jambi (UNJA) > Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: YULIANI
Date Deposited: 01 Apr 2022 02:00
Last Modified: 01 Apr 2022 02:00
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/32458

Actions (login required)

View Item View Item