Aprylina, Nisa (2022) Pengembangan Media untuk Pembelajaran Blended Learning Berbasis Moodle pada Materi Gugus Fungsi Senyawa Karbon Kimia SMA Kelas XII. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (13kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (64kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI NISA APRYLINA SCAN TTD.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf Download (118kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (89kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (12kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (136kB) |
Abstract
Mata pelajaran kimia yang bersifat kompleks karena materi-materi sebelumnya yang saling berhubungan. Siswa dituntut untuk memahami setiap materi yang disampaikan oleh guru. Perkembangan teknologi yang semakin pesat, membuat Pendidikan juga harus memanfaatkan teknologi dalam Pendidikan. Kemajuan inijuga memungkinkan pendidik maupun calon pendidik untuk memanfaatkan berbagai jenis atau macam media secara bersamaan dalam bentuk multimedia pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat kevalidan media untuk pembelajaran blended learning berbasis moodle ini berdasarkan pendapat ahli, kemudian untuk mengetahui bagaimana penilaian guru dan respon siswa terhadap media untuk pembelajaran blended learning ini, serta untuk mengetahui bagaimana kemampuan argumentasi siswa setelah menggunakan media untuk pembelajaran blended learning berbasis moodle ini. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan 4D yang disederhanakan menjadi 3D karna hanya sampai tahap pengembangan (Develop). Instrument penelitian yang digunakan beripa lembar pedoman wawancara, angket dan soal tes akhir. Produk hasil dari pengembangan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media serta dinilai oleh guru yang selanjutnya diujicobakan ke kelompok kecil. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif (komentar dan saran) dan analisis data kuantitatif (skor jawaban). Hasil dari penelitian ini diperoleh rerata skor dari ahli materi dan ahli media masing-masing sebesar 3,78 (sangat layak) dan 3,68 (sangat layak). Selanjutnya berdasarkan dari tanggapan dan penilaian guru diperoleh rerata skor 3,8 (sangat baik). Kemudian mendapat respon yang sangar baik pula dari siswa dengan rerata skor sebesar 75,83 (sangat baik). Dan untuk pemahaman konsep dan tingkat kemampuan argumentasi siswa pada skala 5 mencapai 66,25% (tinggi). Berdasarkan proses pengembangan dan hasil analisis penelitian, disimpulkan bahwa media untuk pembelajaran Blended Learning berbasis Moodle ini valid menurut pendapat ahli, dan termasuk kategori sangat baik berdasarkan hasil tanggapan guru dan respons siswa, serta dapat meningkatkan kemampuan argumentasi siswa dalam materi Gugus Fungsi Senyawa Karbon. This study aims to find out how the level of validity of the media for Moodle-based blended learning is based on expert opinion, then to find out how the teacher's assessment and student responses to the media for this blended learning learning are, and to find out how the students' argumentation skills after using this media. This development research uses a simplified 4D development model to 3D because the deployment stage is not carried out. Instruments in this study were interview sheets with teachers, questionnaires and final test questions. The product resulting from the development was continued with validation by media experts and material experts and evaluated by the teacher which was then tested in small groups. The analytical techniques used are comments and suggestions (qualitative analysis) and answer scores (quantitative). The results of this study obtained that the average score of material experts was 3.78 (very feasible) and media experts was 3.68 (very feasible). Furthermore, based on the teacher's responses and assessments, an average score of 3.8 (very good) was obtained. Then got a very good response from students with a mean score of 75.83 (very good). And for understanding the concept and level of argumentation ability of students on a scale of 5 reached 66.25% (high). Based on the development and research results, it is stated that the media for Blended Learning based on Moodle is valid according to expert opinion, and belongs to the very good category based on the results of teacher and student responses, and can improve students' argumentation skills in the material of Functional Clusters of Carbon Compounds
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Blended Learning, Moodle, LMS, Gugus Fungsi Senyawa Karbon, Argumentasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Aprylina |
Date Deposited: | 14 Jun 2022 01:30 |
Last Modified: | 14 Jun 2022 01:30 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/34312 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |