IDENTIFIKASI AKTIVITAS BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN TBLA DALAM PEMBELAJARAN LESSON STUDY PADA MATERI HUKUM NEWTON DI SMAN 9 KOTA JAMBI

Yusmanita, Fera (2022) IDENTIFIKASI AKTIVITAS BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN TBLA DALAM PEMBELAJARAN LESSON STUDY PADA MATERI HUKUM NEWTON DI SMAN 9 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (197kB)
[img] Text
Halaman persetujuan dengan pengesahan.pdf

Download (339kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (467kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (190kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (436kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi aktivitas belajar siswa menggunakan TBLA (Transcript Based Lesson Analysis) pada Pembelajaran Lesson Study dan untuk menerapkan pembelajaran lesson study menggunakan TBLA dalam pembelajaran fisika pada materi hukum newton tentang gravitasi. Penelitian ini dilakukan di SMAN 9 Kota Jambi, subjek penelitian yaitu kelas X IPA 2, jenis penelitian ini adalah penelitian mixed methods, teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Data dari penelitian ini diperoleh dari dokumentasi, lembar observasi, kuantitatif dan instrumen pengamatan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat peningkatan aktivitas belajar peserta didik yang menggunakan pembelajaran lesson study. Siklus I untuk peserta didik yang mendapatkan skor maksimum memperoleh persentase sebesar 91% yang memiliki aktivitas belajar termasuk dalam kategori sangat baik, dan skor minimum memperoleh persentase sebesar 41,6% yang memiliki aktivitas belajar termasuk dalam kriteria sangat rendah. Siklus II untuk peserta didik yang mendapat skor maksimum ada 4 orang dengan skor persentase sebesar 95%, 91,6% dan 87,5% dan memiliki aktivitas belajar yang termasuk dalam kategori sangat baik. Sedangkan peserta didik yang mendapat skor minimum terdapat 1 orang peserta didik dengan skor persentase sebesar 37,5% dan memiliki aktivitas belajar yang termasuk dalam kategori sangat kurang. Berdasarkan hasil penelitian dapat di simpulkan terdapat peningkatan aktivitas belajar Fisika dengan pembelajaran lesson study menggunakan TBLA (transcript based lesson analysis), hal ini ditunjukkan setiap indikator aktivitas belajar persentase siswa mengalami peningkatan di setiap siklus. Saran yang dapat diberikan adalah guru dapat menerapkan lesson study dalam pembelajaran pada materi yang tepat. Hal ini bertujuan agar pembelajaran lebih menarik sehingga siswa senang dan lebih aktif pada saat pembelajaran berlangsung.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Belajar, Lesson Study, TBLA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Yusmanita
Date Deposited: 16 Jun 2022 06:41
Last Modified: 16 Jun 2022 06:41
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/34900

Actions (login required)

View Item View Item