Ananda Wijaya, Lisa and akhyaruddin, akhyaruddin and Yusra, Hilman (2022) Kesantunan Berbahasa Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII SMP Negeri 7 Muaro Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
cover skripsi 2.pdf Download (41kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN 1.pdf Download (257kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN 1.pdf Download (196kB) |
![]() |
Text
MOTO.pdf Download (239kB) |
![]() |
Text
PERNYATAAN 1 3.pdf Download (339kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (146kB) |
![]() |
Text
KATA PENGANTARRRR.pdf Download (258kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (153kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (360kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (420kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (272kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (418kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (258kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN 1.pdf Download (157kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Wijaya, Lisa Ananda. 2022. Kesantunan Berbahasa Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII SMP Negeri 7 Muaro Jambi: Suatu Kajian Pragmatik. Skripsi. Jambi: Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesantunan berbahasa guru dan siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas VII SMP Negeri 7 Muaro Jambi. Pendekatan penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif, subjek ini guru dan siswa kelas VII di SMP Negeri 7 Muaro Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, data yang dikumpulkan melalui teknik simak, rekam, dan catat. Sumber data pada penelitian ini adalah berupa tuturan guru dan siswa yang terjadi dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VII a dan VII b SMP Negeri 7 Muaro Jambi. Sedangkan analisis datanya menggunakan langkah-langkah tabulasi data, penyajian data, interpretasi terhadap suatu bentuk kesantunan, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa unsur kesantunan dalam berbahasa Indonesia sudah baik untuk diterapkan dalam percakapan antara guru dan siswa tersebut. Hal ini menandakan bahwa guru telah mengajarkan dan menerapkan kesantunan berbahasa pada siswa dalam proses belajar dan mengajar di kelas. Dengan demikian, diharapkan agar para guru dapat mengoptimalkan penggunaan bahasa yang santun ketika berinteraksi dengan para siswa atau dengan warga sekolah dan diharapkan siswa mampu meningkatkan dan mempertahankan penggunaan bentuk kesantunan berbahasa dalam interaksi pembelajaran bahasa Indonesia maupun pelajaran lainnya.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesantunan berbahasa, pembelajaran bahasa Indonesia |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo |
Depositing User: | Wijaya |
Date Deposited: | 20 Jun 2022 01:56 |
Last Modified: | 20 Jun 2022 01:56 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/35107 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |