Asmiyah, Siti (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI REAKSI REDOKS DI KELAS X SMK/MAK. S1 thesis, Pendidikan Kimia.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (345kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (161kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (75kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (88kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI_Siti Asmiyah_A1C118094.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
![]() |
Text
Halaman persetujuan, halaman pengesahan.pdf Download (213kB) |
Abstract
Multimedia Interaktif berbentuk aplikasi android merupakan kombinasi yang mencakup dari teks, animasi, gambar, audio dan video dengan penggabungan beberapa media dapat membuat materi yang disampaikan terlihat menarik serta memudahkan peserta didik dalam menerima pembelajaran dimana pengguna dapat secara aktif berinteraksi dengan program. Salah satu software yang dapat membuat bahan ajar multimedia interaktif yaitu Ispring Suite 10. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan secara konseptual multimedia pembelajaran interaktif berbasis kontekstual materi Reaksi Redoks kelas X SMK/MAK dan mengetahui penilaian guru dan respon peserta didik terhadap multimedia pembelajaran interaktif berbasis kontekstual materi Reaksi Redoks kelas X SMK/MAK. Penelitian dan pengembangan multimedia interaktif berbasis pendekatan kontekstual pada materi Reaksi Redoks ini menggunakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development). Penelitian pengembangan berbeda dengan penelitian analis atau eksperimen, karena pada penelitian ini menghasilkan produk yang langsung dapat digunakan. Model pengembangan pada penelitian ini menggunakan model pengembangan Lee and Owens dengan alur Analisis, Desain, Development (pengembangan), Implementasi, dan Evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan bahan ajar multimedia interakitf berbasis kontekstual pada materi reaksi redoks kelas X SMK/MAK sebagai bahan ajar berdasarkan penilaian: 1) Ahli Materi diperoleh total skor 75 dengan rerata 4,6 berada pada interval >67,2-80,0 dalam kategori “Sangat Layak”. 2) Ahli Media diperoleh total skor 71 dengan rerata 4,4 berada pada interval >67,2-80,0 dalam kategori “Sangat Layak”. 3) Penilaian Guru diperoleh jumlah skor 58 dengan rerata 4,5 berada pada interval >54,6-65,0 dalam kategori “Sangat Layak”. Respon peserta didik terhadap media ini pada saat diujicobakan rata-rata menunjukkan respon positif dengan mendapatkan persentase 92,78%. Dapat disimpulkan bahwa bahan ajar multimedia interakitf berbasis kontekstual pada materi reaksi redoks ini layak digunakan sebagai bahan ajar pada materi reaksi redoks.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multimedia Interaktif, Kontekstual |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | asmiyah |
Date Deposited: | 30 Jun 2022 07:15 |
Last Modified: | 30 Jun 2022 07:20 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/35950 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |