Meitafia, Elda (2022) ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BIOLOGI SECARA DARING KELAS X MIA DI SMA NEGERI 11 KOTA JAMBI PADA MASA PANDEMI COVID-19. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (205kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (88kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (10kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (117kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Meitafia, Elda. 2022. Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Biologi Secara Daring Kelas X MIA di SMA Negeri 11 Kota Jambi pada Masa Pandemi Covid-19. Skripsi. Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Dr. Dra. Upik Yelianti, M.S. (II) Dr. Dra. Evita Anggereini, M.Si Kata Kunci: Analisis, Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19 Selama masa pandemi Covid-19 pembelajaran dilakukan secara daring dan saat ini telah dilakukan tatap muka secara terbatas. Pembelajaran daring merupakan suatu proses pembelajaran yang memanfaatkan jaringan internet saat pelaksanaannya. Dengan diadakan pembelajaran secara daring, guru dapat melatih kemampuan dalam memanfaatkan media teknologi dan media pembelajaran yang digunakanpun beragam. Pembelajaran daring juga melatih siswa menguasai teknologi informasi yang terus berkembang, siswa tidak hanya bergantung kepada guru saja, tetapi bisa juga melakukan pembelajaran mandiri melalui internet. Pelaksanaan pembelajaran daring juga memiliki kendala, yaitu guru mengalami kesulitan dalam melakukan penilaian terhadap siswa, jaringan internet yang tidak stabil dan tidak tersedianya gawai dan paket data. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis proses dan kendala pada saat pembelajaran selama Covid-19. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pengambilan sampel dalam penelitian dilakukan menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data berupa reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pelaksanaan pembelajaran biologi secara daring terdiri dari perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran biologi secara daring kelas X MIA di SMA Negeri 11 Kota Jambi telah terlaksana dengan baik. Hal itu terlihat dari hasil persentase angket siswa yaitu pada perencanaan pembelajaran sebesar 81%, pelaksanaan pembelajaran 80% dan evaluasi pembelajaran sebesar 72%. Kendala yang dialami siswa pada saat pembelajaran daring yaitu tidak adanya smartphone, signal handphone yang tidak stabil, tidak tersedianya kuota internet,kondisi smartphone yang tidak mendukung aplikasi pembelajaran dan kondisi lingkungan yang tidak kondusif.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Analisis, Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19 |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | MEITAFIA |
Date Deposited: | 14 Jul 2022 07:55 |
Last Modified: | 14 Jul 2022 07:55 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/36979 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |