ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN PBI BERBASIS NILAI KARAKTER DAN KORELASINYA DENGAN KPS SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA

RESA, ROSALIA THE (2022) ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN PBI BERBASIS NILAI KARAKTER DAN KORELASINYA DENGAN KPS SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER skripsi.pdf

Download (59kB)
[img] Text
halaman pengesahan pdf.pdf

Download (80kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (32kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (117kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (33kB)
[img] Text
LAMPIRAN skripsi.pdf

Download (5MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (47kB)
[img] Text
Skripsi_Rosalia The Resa (FKIP Pend.Kimia).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

Resa, Rosalia T. 2022. Analisis Keterlaksanaan Model Pembelajaran PBI Berbasis Nilai Karakter Dan Korelasinya Dengan KPS Siswa Pada Materi Larutan Penyangga, Skripsi, Jambi: Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing (I) : Prof. Dr. rer. nat. Rayandra Asyhar, M.Si. Pembimbing (II) : Drs. Epinur, M.Si. Kata Kunci :Problem Based Instruction (PBI), Nilai Karakter, Keterampilan Proses Sains, Larutan Penyangga. Kurikulum 2013 menekankan adanya suatu pendekatan ilmiah yang melibatkan keterampilan yaitu mengamati, menanya, mencoba, mengolah informasi, dan mengkomunikasikan. Selain dari kerampilan-kerampilan tersebut kurikulum 2013 juga mengacu kepada nilai karakter. Sehingga untuk mencapai suatu keberhasilan pembelajaran pada kurikulum 2013 ini, perlu dikembangkan keterampilan proses sains. Salah satu model pembelajaran yang mampu meningkatkan keterampilan proses sains di dalam proses pembelajaran adalah model pembelajaran PBI Berbasis Nilai Karakter. Penelitian ini bertujuan untuk menetahui keterlaksanaan model pembelajaran PBI berbasis nilai karakter dan korelasinya dengan KPS siswa pada materi larutan penyangga di SMAN 6 Kota Jambi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode campuran (mix method) dengan jenis model Triangulasi konkuren. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling yaitu kelas XI MIPA 4. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi kelaksanaan model pembelajaran baik dari guru (analisis kualitatif) maupun siswa (analisis kuantitatif), lembar observasi keterampilan proses sains siswa dan soal tes essai untuk melihat hasil belajar. Untuk melihat korelasi keterlaksanaan model dengan keterampilan proses sains siswa dilakukan uji korelasi product moment. Persentae keterlaksanaan model pembelajaran PBI berbasis nilai karakter oleh siswa adalah 81,36% dengan kategori baik dan persentase keterampilan proses sains siswa adalah 82,20% kategori sangat baik. Korelasi keterlaksanaan model PBI berbasis nilai karakter dengan keterampilan proses sains siswa diperoleh rxy = 0,8602 dengan tingkat hubungan sangat kuat. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran PBI Berbasis Nilai Karakter dengan KPS siswa pada materi larutan penyangga di SMAN 6 Kota Jambi terlaksana dengan baik dan terdapat korelasi yang sangat kuat terhadap keterlaksanaan model PBI Berbasis Nilai Karakter dengan KPS siswa pada materi larutan penyangga.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Instruction (PBI), Nilai Karakter, Keterampilan Proses Sains, Larutan Penyangga.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Resa
Date Deposited: 18 Jul 2022 01:32
Last Modified: 18 Jul 2022 01:32
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/37126

Actions (login required)

View Item View Item