Implementasi Model Pembelajaran Flipped Classroom dan Pengaruhnya terhadap Kemandirian dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA

Putri, Nadia Amanda (2022) Implementasi Model Pembelajaran Flipped Classroom dan Pengaruhnya terhadap Kemandirian dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (16kB)
[img] Text
PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf

Download (496kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (86kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (221kB)
[img] Text
ABSTRAK EDITED.pdf

Download (84kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (203kB)
[img] Text
SKRIPSI NADIA AMANDA PUTRI (A1C418090).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Kemandirian belajar siswa yang kurang dapat menyebabkan hasil belajar kognitif yang diperoleh siswa kurang optimal. Permasalahan tersebut terjadi karena model pembelajaran yang digunakan di sekolah masih berupa model pembelajaran langsung (direct learning). Berdasarkan permasalahan tersebut diperlukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemandirian dan hasil belajar kognitif siswa, yaitu model pembelajaran flipped classroom. Model ini menyediakan waktu yang lebih banyak bagi siswa untuk belajar mandiri dan memanfaatkan waktu di kelas dalam kegiatan diskusi kelompok berupa penyelesaian masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi model pembelajaran flipped classroom terhadap kemandirian dan hasil belajar kognitif. Desain penelitian yang digunakan yaitu eksperimen semu dengan rancangan non-equivalent pre-test post-test control group design. Subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA N 1 Kota Jambi. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian sebanyak 2 kelas dengan ketentuan 1 kelas eksperimen dan 1 kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, dan observasi keterlaksanaan model pembelajaran. Validasi instrumen penelitian dilakukan dengan penilaian para ahli dan uji lapangan. Teknik analisis data melalui uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis dengan uji-t independent, uji-t paired samples, dan uji ancova dengan bantuan Microsoft excel dan SPSS 26 for windows. Keterlaksanaan model pembelajaran di kelas eksperimen dan kontrol telah terlaksana dengan sangat baik pada dua pertemuan. Berdasarkan uji-t independent menunjukkan bahwa kedua kelas memiliki kemandirian belajar awal dan kemampuan awal yang tidak berbeda. Setelah diberikan perlakuan yang berbeda, uji paired samples menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan sebelum dan setelah perlakuan, baik kemandirian maupun hasil belajar kognitif siswa. Uji hipotesis ancova menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap kemandirian belajar siswa dengan signifikansi .000 < 0,05; 2) terdapat pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap hasil belajar kognitif siswa dengan signifikansi .000 < 0,05. Uji-t independent juga menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan di kedua kelas terhadap kemandirian belajar akhir dan hasil belajar akhir siswa. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran flipped classroom berpengaruh terhadap kemandirian dan hasil belajar kognitif siswa SMA

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Flipped Classroom, Kemandirian Belajar, Hasil Belajar Kognitif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: PUTRI
Date Deposited: 18 Jul 2022 02:38
Last Modified: 18 Jul 2022 02:38
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/37158

Actions (login required)

View Item View Item