Septanti, Suci (2022) Pengaruh Bermain Pura-pura (Pretend Play) terhadap perkembangan kreativitas anak usia 5-6 Tahun di Kelompok B TK Bahrul Ulun Nafis. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (178kB) |
![]() |
Text
halaman pengesahan.pdf Download (142kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (181kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (290kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (250kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (15kB) |
![]() |
Text
Skripsi. Suci lengkap.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Perkembangang kreativitas merupakan sesuatu yang sangat penting bagi anak usia dini, karena perkembangan kreativitas merupakan kemampuan anak usia dini untuk mencerminkan kelancaran, keluwesan dan keaslian dalam berpikir. Kreativitas anak usia dini bisa dikembangkan melalui bermain pura-pura (pretend play). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bermain pura-pura (pretend play) terhadap perkembangan kreativitas anak usia 5-6 tahun di kelompok B TK Bahrul Ulun Nafis. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah terdapat pengaruh bermain pura-pura (pretend play) terhadap perkembangan kreativitas anak usia 5-6 tahun di kelompok B TK Bahrul Ulun Nafis. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan Pretest-Postest onegroup design. Penelitian ini di kelompok B TK Bahrul Ulun Nafis tahun ajaran 2021/2022. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak usia 5-6 tahun di kelompok B1 TK Bahrul Ulun Nafis yang berjumlah 15 anak. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan memberikan pre test dan post test menggunakan lembar observasi. Analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikansi dari hasil uji-t sebesar 0,008. Hal ini menunjukkan bahwa nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 (α<0,05). Hasil analisa diperoleh nilai thitungsebesar 8,185 lebih besar dari ttabelsebesar 1,770 (thitung> ttabel). Data tersebut menunjukkan pengaruh yang signifikan dengan kriteria penafsiran menunjukkan pengaruh yang sangat kuat. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh bermain pura-pura (pretend play) terhadap perkembangan kreativitas anak usia 5-6 tahun di kelompok B TK Bahrul Ulun Nafisdengan kriteria penafsiran menunjukkan pengaruh yang sangat kuat. Kata Kunci: bermain pura-pura dan perkembangan kreativitas ABSTRACK The development of creativity is something that is very important for early childhood, because the development of creativity is the ability of early childhood to reflect fluency, flexibility and originality in thinking. Early childhood creativity can be developed through pretend play. The purpose of this study was to determine the effect of pretend play on the creativity development of children aged 5-6 years in group B Bahrul Ulun Nafis Kindergarten. The formulation of the problem in this study is: Is there an effect of pretend play on the development of creativity of children aged 5-6 years in group B Bahrul Ulun Nafis Kindergarten.This type of research is an experimental study using a pretest-posttest onegroup design. This research is in group B Bahrul Ulun Nafis Kindergarten in the 2021/2022 academic year. The population in this study were all children aged 5-6 years in group B1 TK Bahrul Ulun Nafis, totaling 15 children. Data collection techniques in this study by providing pre-test and post-test using observation sheets. Data analysis using t-test. The results showed that the significance value of the t-test results was 0.008. This indicates that the value is smaller than 0.05 (α<0.05). The results of the analysis obtained that the tcount value of 8.185 was greater than ttable of 1.770 (tcount> ttable). The data showed a significant effect with the interpretation criteria showing a very strong influence. The conclusion of this study is that there is an effect of pretend play on the creativity development of children aged 5-6 years in group B of Bahrul Ulun Nafis Kindergarten with interpretation criteria showing a very strong influence. Keywords: pretend play and creativity development
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bermain pura-pura dan perkembangan kreativitas |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | SEPTANTI |
Date Deposited: | 22 Aug 2022 03:28 |
Last Modified: | 22 Aug 2022 03:28 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/38684 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |