Analisis Kemampuan Keaksaraan Anak Usia 5-6 Tahun Menggunakan Media Pohon Huruf Di TK Negeri Pembina 2 Kota Jambi

Astuti, Eva Putri (2022) Analisis Kemampuan Keaksaraan Anak Usia 5-6 Tahun Menggunakan Media Pohon Huruf Di TK Negeri Pembina 2 Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (318kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (225kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (319kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (212kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (325kB)
[img] Text
Full Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (346kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini di rumuskan dengan beberapa masalah yang ada seperti pada tingkatan manakah kemampuan keaksaraan anak usia 5-6 tahun pada aspek mengenal suara huruf awal dari nama benda-benda yang ada di sekitarnya di TK Negeri Pembina 2 Kota Jambi, pada tingkatan manakah kemampuan keaksaraan anak usia 5-6 tahun pada aspek menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi / huruf awal yang sama di TK Negeri Pembina 2 Kota Jambi, pada tingkatan manakah kemampuan keaksaraan anak usia 5-6 tahun pada aspek memahami hubungan antara bunyi dan bentuk huruf di TK Negeri Pembina 2 Kota Jambi, pada tingkatan manakah kemampuan keaksaraan anak usia 5-6 tahun pada aspek memahami arti kata dalam cerita di TK Negeri Pembina 2 Kota Jambi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat kemampuan keaksaraan anak usia 5-6 tahun pada aspek mengenal suara huruf awal dari nama benda-benda yang ada disekitarnya di TK Negeri Pembina 2 Kota Jambi, untuk menganalisis tingkat kemampuan keaksaraan anak usia 5-6 tahun pada aspek menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi / huruf awal yang sama di TK Negeri Pembina 2 Kota Jambi, untuk menganalisis tingkat kemampuan keaksaraan anak usia 5-6 tahun pada aspek memahami hubungan antara bunyi dan bentuk huruf di TK Negeri Pembina 2 Kota Jambi, untuk menganalisis tingkat kemampuan keaksaraan anak usia 5-6 tahun pada aspek memahami arti kata dalam cerita di TK Negeri Pembina 2 Kota Jambi. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah deskripsi kuantitatif. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah 56 anak. Sampel dalam penelitian ini adalah 56 anak. Teknik penarikan sampel menggunakan teknik total sampling artinya semua anggota populasi menjadi sampel. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitain ini yaitu analisis persentase. Berdasarkan pembahasan dan hasil penelitian di dapatkan : (1). Kemampuan keaksaraan anak usia 5-6 tahun pada aspek mengenal suara huruf awal dari nama benda-benda yang ada di sekitarnya berada pada tingkatan “Tinggi” (70%). (2). Kemampuan keaksaraan anak usia 5-6 tahun pada aspek menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi / huruf awal yang sama berada pada tingkatan “Tinggi” (61,3%). (3). Kemampuan keaksaraan anak usia 5-6 tahun pada aspek memahami hubungan antara bunyi dan bentuk huruf berada pada tingkatan “Tinggi” (68%). (4). Kemampuan keaksaraan anak usia 5-6 tahun pada aspek memahami arti kata dalam cerita berada pada tingkatan “Tinggi” (60%). Kesimpulan pada penelitian ini yaitu kemampuan keaksaraan anak usia 5- 6 tahun menggunakan media pohon huruf di TK Negeri Pembina 2 Kota Jambi secara umum berada pada tingkatan “Tinggi” (64%). This research is formulated with several existing problems as in what level is the literacy ability of children aged 5-6 years in terms of recognize the sounds of the initial letters of the names of objects around them in kindergarten Pembina Negeri 2 Jambi City, at what level is literacy ability? children aged 5-6 years on the aspect of mentioning groups of pictures that have the same initial sound / letter in TK Negeri Pembina 2 Jambi City, on what level is the literacy ability of children aged 5-6 years in terms of understand the relationship between sound and form of letters in TK Negeri Pembina 2 Jambi City, at what level is the literacy ability of children aged 5-6 years? on the aspect of understanding the meaning of words in stories at TK Negeri Pembina 2 Jambi City. The purpose of this study is to analyze the level of ability literacy of children aged 5-6 years in the aspect of recognizing the sounds of the initial letters of names objects that are around it in TK Negeri Pembina 2 Jambi City, to analyze the literacy level of children aged 5-6 years in the Name a group of pictures that have the same initial sound/letter in TK Negeri Pembina 2 Jambi City, to analyze the level of ability literacy of children aged 5-6 years in the aspect of understanding the relationship between sound and the form of letters in TK Negeri Pembina 2 Jambi City, to analyze the level of literacy skills of children aged 5-6 years in the aspect of understanding the meaning of words in the story at the State Kindergarten Pembina 2 Jambi City. The type of research carried out in this study is a description of the quantitative. The data collection tools used in this research are questionnaire and documentation. The population in this study were 56 children. Sample in this study were 56 children. Sampling technique using total sampling technique means that all members of the population are sampled. Technique The data analysis used in this research is percentage analysis. Based on the discussion and research results obtained: (1). Literacy skills of children aged 5-6 years in the aspect of recognizing letter sounds the beginning of the name of the objects around it are in the level “High” (70%). (2). Literacy abilities of children aged 5-6 years in aspects of Name a group of pictures that have the same initial sound/letter is at the “High” level (61.3%). (3). Children's literacy skills 5-6 years in the aspect of understanding the relationship between sound and form of letters are at “High” (68%). (4). Literacy skills of children aged 5-6 years on the aspect of understanding the meaning of words in the story are at the "High" level (60%). The conclusion in this study is that the literacy skills of children aged 5- 6 years using letter tree media at TK Negeri Pembina 2 Jambi City generally at the “High” level (64%).

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: ASTUTI
Date Deposited: 22 Aug 2022 04:15
Last Modified: 22 Aug 2022 04:15
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/38712

Actions (login required)

View Item View Item