Julita, Sandaria and Nazurty, Nazurty and Dewi, Yusra (2022) ANALISIS BUTIR SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) MENGGUNAKAN APLIKASI ITEMAN DALAM SOAL UJIAN SEMESTER GANJIL PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VII.1 MTs.S JAUHARUL ISLAM. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK_SN.pdf Download (184kB) |
![]() |
Text
BAB 1_SN.pdf Download (303kB) |
![]() |
Text
BAB V_SN.pdf Download (185kB) |
![]() |
Text
SN COVER.pdf Download (23kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN_SN.pdf Download (298kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan SN.pdf Download (281kB) |
Abstract
ABSTRAK Sandaria Julita.2022. Analisis Butir Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) Menggunakan Aplikasi Iteman dalam Soal Ujian Semester Ganjil pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII.1 Mts Jauharul Islam. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Prof. Dr. Dra. Nazurty, M.Pd., (II) Dra. Hj. Yusra D., M.Pd. Kata Kunci: soal ujian, berpkir kritis, iteman. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis butir soal higher order thinking skills (HOTS) menggunakan aplikasi iteman dalam soal ujian semester ganjil pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di MTs.S Jauharul Islam. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian analisis isi. Penelitian ini dilakukan di MTs.S Jauharul Islam kelas VII.1. Data yang didapatakan dari penelitian ini yaitu lembar soal ujian semester ganjil pada mata pelajaran Bahasa Indonesia ang dianalisis menggunakan aplikasi iteman. Hasil dari penelitian ini menunjukan cara beserta langkah-langkah dalam menganalisis butir soal ujian dengan menggunakan aplikasi iteman. Berdasarkan hal tersebut, memudahkan guru dalam mengevalusi soal yang dirancang sendiri tersebut sesuai standar dan berbasis soal berpikir kritis atau HOTS. Kesimpulan dari analisis butir soal ujian semester ganjil menggunakan aplikasi iteman dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia dinyatakan sebanyak 30 soal dikatagorikan soal HOTS yaitu 17%, soal yang layak ada 66% dan soal yang tidak layak dinyatakan sebesar 17%.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | soal ujian, berpkir kritis, iteman. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo |
Depositing User: | JULITA |
Date Deposited: | 23 Sep 2022 03:07 |
Last Modified: | 23 Sep 2022 03:07 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/40026 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |