Pengembangan Multimedia Pembelajaran Sistem Koordinasi Menggunakan Lectora Inspire Pada Kelas XI SMA

Rinda, Desna Mutia (2022) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Sistem Koordinasi Menggunakan Lectora Inspire Pada Kelas XI SMA. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (352kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (111kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (76kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (138kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (141kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (273kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Proses pembelajaran biologi di sekolah hanya menggunakan buku pegangan sebagai media pembelajaran tanpa media lain yang menarik. Hal ini diduga menyebabkan proses pembelajaran menjadi kurang menarik dan monoton. Penelitian ini bertujuan untuk mendefinisikan, merancang, mengembangkan dan menyebarkan produk berupa multimedia pembelajaran sistem koordinasi menggunakan lectora inspire. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D. Pengumpulan data menggunakan angket (validasi materi, media, respon guru dan siswa). Subjek uji coba adalah siswa dan guru kelas XI MIPA 4 SMA N 4 Kota Jambi. Dalam tahap define diperoleh melalui studi pendahuluan yaitu siswa sulit memahami materi sistem koordinasi pada buku pegangan dan merasa bosan jika pembelajaran tidak menggunakan media pembelajaran yang menarik. Tahap design, multimedia pembelajaran menggunakan lectora inspire dengan komponen yang disesuaikan dengan kebutuhan pengembangan. Tahap development, hasil validasi materi dilakukan dua kali dengan nilai didapatkan 69,3% (layak) dan 95,6% (sangat layak). Sedangkan hasil validasi media juga dilakukan sebanyak dua kali dengan nilai didapatkan 53% (tidak layak) dan 80% (layak). Uji coba di lapangan didapatkan hasil dari penilaian guru bidang studi 98,32% (sangat layak), siswa kelompok kecil sebesar 88,26% (sangat layak) dan kelompok besar 89,64% (sangat layak). Tahap disseminate dilakukan dengan penyebaran menggunakan platform YouTube memperoleh 243 kali ditonton, 91 suka dan 55 komentar. Jadi, dari hasil yang diperoleh diketahui bahwa multimedia pembelajaran menggunakan lectora inspire ini layak untuk digunakan oleh siswa dalam pembelajaran sistem koordinasi.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Learning Multimedia, Coordination System, Lectora Inspire
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Rinda
Date Deposited: 14 Dec 2022 03:08
Last Modified: 14 Dec 2022 03:08
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/42031

Actions (login required)

View Item View Item