RIZKIKA, RIZKIKA (2023) TBLA (TRANSCRIPT BASED LESSON ANALYSIS) UNTUK MENGANALISIS KONSTRUKSI PENGETAHUAN SISWA PADA MATERI BESARAN DAN PENGUKURAN. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text (TBLA (TRANSCRIPT BASED LESSON ANALYSIS) UNTUK MENGANALISIS KONSTRUKSI PENGETAHUAN SISWA PADA MATERI BESARAN DAN PENGUKURAN)
SKRIPSI.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
![]() |
Text (TBLA (TRANSCRIPT BASED LESSON ANALYSIS) UNTUK MENGANALISIS KONSTRUKSI PENGETAHUAN SISWA PADA MATERI BESARAN DAN PENGUKURAN)
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (148kB) |
![]() |
Text (TBLA (TRANSCRIPT BASED LESSON ANALYSIS) UNTUK MENGANALISIS KONSTRUKSI PENGETAHUAN SISWA PADA MATERI BESARAN DAN PENGUKURAN)
COVER.pdf - Published Version Download (484kB) |
![]() |
Text (TBLA (TRANSCRIPT BASED LESSON ANALYSIS) UNTUK MENGANALISIS KONSTRUKSI PENGETAHUAN SISWA PADA MATERI BESARAN DAN PENGUKURAN)
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version Download (350kB) |
![]() |
Text (TBLA (TRANSCRIPT BASED LESSON ANALYSIS) UNTUK MENGANALISIS KONSTRUKSI PENGETAHUAN SISWA PADA MATERI BESARAN DAN PENGUKURAN)
BAB I.pdf - Published Version Download (267kB) |
![]() |
Text (TBLA (TRANSCRIPT BASED LESSON ANALYSIS) UNTUK MENGANALISIS KONSTRUKSI PENGETAHUAN SISWA PADA MATERI BESARAN DAN PENGUKURAN)
BAB V.pdf - Published Version Download (151kB) |
![]() |
Text (TBLA (TRANSCRIPT BASED LESSON ANALYSIS) UNTUK MENGANALISIS KONSTRUKSI PENGETAHUAN SISWA PADA MATERI BESARAN DAN PENGUKURAN)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (373kB) |
Abstract
Rizkika. 2023. Berjudul TBLA (Transcript Based Lesson Analysis) Untuk Menganalisis Konstruksi Pengetahuan Siswa Pada Materi Besaran dan Pengukuran. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jambi. Dosen Pembimbing (I) Ibu Nova Susanti, S.Pd., M.Si dan Dosen Pembimbing (II) Ibu Dian Pertiwi Rasmi, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Transcript Based Lesson Analysis, Konstruksi Pengetahuan Siswa, Lesson Study Latar belakang penelitian ini dikarenakan aktivitas siswa dalam mengkonstruksi pengetahuan hanya mengandalakan penjelasan dari guru maka perlu dilakukan perbaikan agar kualitas pembelajaran lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konstruksi pengetahuan siswa di kelas X.5 SMA Negeri 7 Kota Jambi Tahun Pelajaran 2022, pada pelajaran fisika materi Pengukuran. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022, di SMA Negeri 7 Kota Jambi. Upaya yang dilakukan yaitu dengan menerapkan pembelajaran lesson study yang mana melalui tahapan perencanaan (plan), pelaksanaan (do), dan refleksi (see). Penelitian ini dilaksanakan di kelas X.5 SMA Negeri 7 Jambi yang terdiri dari 19 siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus tahapan lesson study. Berdasarkan hasil analisis konstruksi pengetahuan siswa yang di tinjau dari berbagai tipe respon. Konstruksi pengetahuan siswa yang terjadi selama proses pembelajaran adalah interrogative (Q) yaitu menanyakan opini, informasi, saran atau klarifikasi. Pada indikator responsive (A) yaitu menjawab pertanyaan atau memberikan klarifikasi. Pada indikator suggestive (S) yaitu memberikan saran yang berhubungan dengan topik diskusi. Pada indikator informative (I) yaitu memberikan informasi berhubungan dengan topik diskusi. Pada indikator exemplification (EX) yaitu memberikan contoh konkret/nyata. Pada indikator elaborative (EL) yaitu mengembangkan lebih jauh informasi, saran, atau contoh. Pada indikator justificational (JT) yaitu membenarkan informasi, saran atau contoh. Adapun indikator konstruksi pengetahuan yang dominan terjadi pada proses pembelajaran adalah informative (I) yaitu memberikan informasi berhubungan dengan topik diskusi, terjadi peningkatan pada 12 siswa. Interrogative (Q) yaitu menanyakan opini, informasi, saran atau klarifikasi, terjadi peningkatan pada 9 siswa. Responsive (A) yaitu menjawab pertanyaan atau memberikan klarifikasi, terjadi peningkatan pada 9 siswa. Elaborative (EL) yaitu mengembangkan lebih jauh informasi, saran, terjadi peningkatan pada 7 siswa. Justificational (JT) yaitu membenarkan informasi, saran atau contoh, terjadi peningkatan pada 3 siswa.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Transcript Based Lesson Analysis, Konstruksi Pengetahuan Siswa, Lesson Study |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | RIZKIKA |
Date Deposited: | 16 Mar 2023 07:23 |
Last Modified: | 16 Mar 2023 07:23 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/45762 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |