PENGARUH PEMBELAJARAN SENTRA IMTAQ BERBASIS VIDEO TERHADAP PERKEMBANGAN NILAI AGAMA DAN MORAL PADA ANAK USIA DINI DI KELOMPOK B3 TK NEGERI SEROJA KECAMATAN PEMAYUNG

Elisa, Ayu (2023) PENGARUH PEMBELAJARAN SENTRA IMTAQ BERBASIS VIDEO TERHADAP PERKEMBANGAN NILAI AGAMA DAN MORAL PADA ANAK USIA DINI DI KELOMPOK B3 TK NEGERI SEROJA KECAMATAN PEMAYUNG. S1 thesis, UNiVERSITAS JAMBI.

[img] Text
AYU ABSTRAK.pdf

Download (290kB)
[img] Text
AYU BAB 1.pdf

Download (400kB)
[img] Text
AYU BAB V.pdf

Download (6kB)
[img] Text
COVER AYU.pdf

Download (453kB)
[img] Text
AYU DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (127kB)
[img] Text
SKRIP AYU fixx nian udah ttd.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN AYU.pdf

Download (165kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran sentra imtaq berbasis video terhadap perkembangan moral dan agama pada anak usia dini di kelompok B3 TK Negeri Seroja Kecamatan Pemayung. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan Pretest-Postest one class design. Prosedur penelitian dilakukan dengan melakukan pretest, pemberian perlakuan dan posttest. Analisis data menggunajan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata perkembangan moral dan agama pada anak usia 5-6 tahun di kelas B3 TK Negeri Seroja sebelum diberi perlakuan penggunaan media video animasi Nussa dan Rara dalam pembelajaran sentra imtaq (pretest) adalah 6 dan setelah diberi perlakuan adalah 17. Hasil uji t menunjukkan bahwa nilai t hitung sebesar 11,821 lebih besar dari t tabel sebesar 1,78 (thitung> ttabel), sedangkan nilai signfiikansi dari hasil uji-t sebesar 0,001, serta nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 (α<0,05). Berdasarkan hasil tersebut maka terdapat perbedaan perkembangan moral dan agama pada anak usia dini di kelompok B3 TK Negeri Seroja sebelum diberi perlakuan (posttest) dengan setelah diberi perlakuan pembelajaran sentra imtaq berbasis video (posttest). Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran sentra imtaq berbasis video berpengaruh terhadap perkembangan moral dan agama pada anak usia dini di kelompok B3 TK Negeri Seroja Kecamatan Pemayung. Kata kunci: pembelajaran berbasis video, perkembangan nilai agama dan moral THE EFFECT OF VIDE- BASED SENTRA IMTAQ LEARNING ON THE DEVELOPMENT OF RELIGIOUS AND MORAL VALUES IN EARLY CHILDHOOD IN THE B3 GORUP OF TK NEGERI SEROJA PEMAYUNG DISTRICT Abstract The purpose of this study was to determine the effect of video-based imtaq center learning on moral and religious development in early childhood in the B3 group of Seroja State Kindergarten, Pemayung District. This type of research is experimental research with a pretest-posttest one class design. The research procedure was carried out by conducting a pretest, giving treatment and posttest. Data analysis using t-test. The results showed that the average moral and religious development of children aged 5-6 years in class B3 of Seroja State Kindergarten before being treated with the use of Nussa and Rara animated video media in imtaq center learning (pretest) was 6 and after being given treatment was 17. The t-test results show that the t-count value of 11.821 is greater than t-table of 1.78 (tcount> ttable), while the significance value of the t-test results is 0.001, and the value is less than 0.05 (α<0, 05). Based on these results, there are differences in moral and religious development in early childhood in group B3 of Seroja State Kindergarten before being given treatment (posttest) and after being given treatment with video-based imtaq center learning (posttest). The conclusion of this study is that video-based imtaq learning centers have an effect on moral and religious development in early childhood in the B3 group of Seroja State Kindergarten, Pemayung District. Keywords: video based learning, development of religious and moral values

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Elisa
Date Deposited: 15 May 2023 06:43
Last Modified: 15 May 2023 06:43
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/48280

Actions (login required)

View Item View Item