PENGARUH PERMAINAN MEMANCING ANGKA TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA 1 KOTA JAMBI

SIBORO, LISDA (2023) PENGARUH PERMAINAN MEMANCING ANGKA TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA 1 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text (Pengaruh Permainan Memancing Angka Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Usia 4-5 Tahun di TK Negeri Pembina 1 Kota Jambi)
SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (Pengaruh Permainan Memancing Angka Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Usia 4-5 Tahun di TK Negeri Pembina 1 Kota Jambi)
COVER.pdf - Published Version

Download (206kB)
[img] Text (Pengaruh Permainan Memancing Angka Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Usia 4-5 Tahun di TK Negeri Pembina 1 Kota Jambi)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (185kB)
[img] Text (Pengaruh Permainan Memancing Angka Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Usia 4-5 Tahun di TK Negeri Pembina 1 Kota Jambi)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (433kB)
[img] Text (Pengaruh Permainan Memancing Angka Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Usia 4-5 Tahun di TK Negeri Pembina 1 Kota Jambi)
BAB I.pdf - Published Version

Download (330kB)
[img] Text (Pengaruh Permainan Memancing Angka Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Usia 4-5 Tahun di TK Negeri Pembina 1 Kota Jambi)
BAB V.pdf - Published Version

Download (185kB)
[img] Text (Pengaruh Permainan Memancing Angka Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Usia 4-5 Tahun di TK Negeri Pembina 1 Kota Jambi)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (410kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/5

Abstract

ABSTRAK Lisda Eunike S. 2023. Pengaruh Permainan Memancing Angka Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Negeri Pembina 1 Kota Jambi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Jambi. Pembimbing (I) Drs. Tumewa Pangaribuan, M.Pd. Pembimbing (II) Asih Nur Ismiatun,.M.Pd. Kata Kunci :Pengaruh Permainan Memancing Angka, Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan, Anak Usia 4-5 Tahun Penelitian ini dilatar belakangi dengan hasil pengamatan peneliti di lapangan yang menunjukkan bahwa kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak masih dikatakan kurang berkembang.Dapat di lihat dari anak yang hanya mampu menyebutkan lambang bilangan 1-10 tetapi tidak mengenal lambang bilangan, anak belum mampu mengurutkan benda sesuai dengan bilangan dan anak belum mampu dalam membuat urutan bilangan sesuai benda 1-10.Terlihat dari 12 anak terdapat 7 anak yang kurang optimal dalam mengenal konsep bilangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan memancing angka terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak usia 4-5 tahun. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen.Penelitian ini adalah quasi exsperimen (eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini yaitu 24 anak usia 4-5 tahun di Tk Negeri Pembina 1 Kota Jambi, selanjutnya sempel yang digunalan adalah purposive sempling dan terpilih anak kelas A1 dan A2 dimana pada kelas A1 berjumlah 12 anak sebagai kelas eksperimen dan A2 berjumlah 12 anak sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar observasi yang sesuai dengan panduan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak usia 4-5 tahun di kelompok A1 sebagai kelas eksperimen sebelum diberi perlakuan (pretest) sebesar 15,08 dan pada (posttest) setelah di beri perlakuan pada kelompok eksperimen itu meningkat 22,33. Pada kelompok A2 sebagai kelas kontrol sebesar rata-rata sebelum diberi perlakukan sebesar 15,17dan setelah di lakukan posttes itu sebesar 17,67. Hasil uji t menunjukkan pengambilan keputusan nilai, yaitu sebesar 2.313pada t hitung dan untuk t table, yaitu 1, 715 yang artinya t hitung > dari t table, maka H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga yang dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh pemainan memancing angka terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan anak usia 4-5 tahun. ABSTRACT Lisda Eunike S. 2023. The Influence of Number Fishing Games on the Ability to Recognize Number Concepts in Children Aged 4-5 Years at TK Negeri Pembina 1 Jambi City. Thesis, Early Childhood Education Study Program, Department of Education, FKIP University of Jambi. Supervisor (I) Drs. Tumewa Pangaribuan, M.Pd. Advisor (II) Asih Nur Ismiatun,.M.Pd. Keywords: The Influence of Number Fishing Games, Ability to Recognize Number Concepts, 4-5 Years Old Children This research is motivated by the results of observations of researchers in the field which show that the ability to recognize the concept of numbers in children is still said to be underdeveloped. It can be seen from the children who are only able to name the number symbols 1-10 but do not recognize number symbols, children have not been able to sort objects according to with numbers and the children have not been able to make a sequence of numbers according to objects 1-10. It can be seen that of the 12 children there are 7 children who are less than optimal in recognizing the concept of numbers. This study aims to determine the effect of number fishing games on the ability to recognize the concept of numbers in children aged 4-5 years. This type of research is quantitative research using experimental methods. This research is a quasi-experiment (quasi-experiment). The population in this study were 24 children aged 4-5 years in Pembina 1 State Kindergarten in Jambi City, then the sample used was purposive sempling and students in class A1 and A2 were selected where in class A1 there were 12 children as the experimental class and A2 totaled 12 children as control class. The instrument used in the study was an observation sheet in accordance with the observation guide. The results showed that the average ability to recognize the concept of numbers in children aged 4-5 years in group A1 as an experimental class before being given treatment (pretest) was 15.08 and in (posttest) after being given treatment in the experimental group it increased 22, 33. In group A2 as the control class, the average before being treated was 15.17 and after the posttest was done it was 17.67. The results of the t test show the decision making value, which is equal to 2.313 on t count and for t table, namely 1.715, which means that t count > from t table, then H0 is rejected and H1 is accepted, so that it can be concluded that there is an influence of number fishing games on ability to recognize the concept of numbers children aged 4-5 years.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: The Influence of Number Fishing Games, Ability to Recognize Number Concepts, 4-5 Years Old Children
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: PURBA
Date Deposited: 04 Sep 2023 06:53
Last Modified: 04 Sep 2023 06:53
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/55366

Actions (login required)

View Item View Item