Miza Jayenti, Nichea (2023) Pengaruh Minat Menjadi Guru dan Reputasi Perguruan Tinggi Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Program Studi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2020-2021 Universitas Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (150kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (490kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (156kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (379kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI NICHEA MIZA JAYENTI.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (458kB) |
Abstract
ABSTRAK Nichea Miza Jayenti. 2023. Pengaruh Minat Menjadi Guru dan Reputasi Perguruan Tinggi Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Program Stui Pendidikan Ekonomi angkatan 2020-2021 Universitas Jambi, Pembimbing (1) Drs. H.Arpizal, M.Pd., Pembimbing (II) Hidayatul Arief, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Minat menjadi Guru, Reputasi Perguruan Tinggi, Keputusan Mahasiswa. Pengambilan keputusan ialah usaha penciptaan peristiwa-peristiwa dan penciptaan masa depan (kejadian ketika memilih dan setelahnya). Dalam menetapkan pilihan terhadap program studi pada universitas, faktor minat adalah salah satu faktor yang mendorong mahasiswa memilih sebuah program studi yang akan dipilihnya. Selain itu, mahaisiwa juga akan mencari informasi mengenai reputasi universitas yang akan dipilihnya. Fakta yang terjadi di lapangan berdasarkan observasi awal yang dilakukan menunjukkan bahwa hampir 50% mahasiswa memutuskan memilih prgoram studi pendidikan ekonomi bukan karena inisiatif sendiri dan sebesar 34% mahasiswa menyatakan tidak mencari tahu tentang reputasi perguruan tinggi sebelum menetapkan pilihan pada program studi pendidikan ekonomi. Hal tersebut menyebabkan jumlah peminat yang memilih program pendidikan ekonomi pada tahun 2018 sampai tahun 2021 berfluktuasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antar variabel yaitu minat menjadi guru dan reputasi perguruan tinggi terhadap keputusan mahasiswa memilih program studi pendidikan ekonomi angkatan 2020-2021 Universitas Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2020 dan 2021 program studi pendidikan ekonomi Universitas Jambi. Teknik pengumpulan data dengan cara menyebarkan angket melalui link google form kepada responden. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah stratified random sampling dengan jumlah responden sebanyak 125 responden. Teknik analisis data yang dgiuankan adlaah analisis rengresi linier bergandadengan program bantuan SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) minat menjadi guru berpengaruh terhadap keputusan mahasiswa memilih program studi pendidikan ekonomi, hal ini terlihat dari nilai koefisien regresi minat menjadi guru sebesar 0,547 bertanda positif pada sig. 0,000 lebih kecil dibandingkan dengan 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 atau nilai thitung lebih besar dari ttabel (13,056 > 1,658); (2) reputasi perguruan tinggi berpengaruh terhadap keputusan mahasiswa memilih program studi pendidikan ekonomi, hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien regresi reputasi perguruan tinggi sebesar 0,366 bertanda positif pada sig. 0,000 lebih kecil dibandingkan dengan 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 atau nilai thitung lebih besar dari ttabel (6,430 > 1,658); dan (3) secara bersama-sama minat menjadi guru dan reputasi perguruan tinggi berpengaruh terhadap keputusan mahasiswa memilih program studi pendidikan ekonomi hal ini terlihat nilai Fhitung lebih besar Ftabel (257,425 > 3,07) atau nilai sig. 0,000 < 0,05. ABSTRACT Nichea Miza Jayenti. 2023. The Influence of Interest in Becoming a Teacher and the Reputation of Higher Education on Students' Decisions to Choose the Economic Education Study Program class of 2020-2021, Jambi University, Supervisor (1) Drs. H.Arpizal, M.Pd., Supervisor (II) Hidayatul Arief, S.Pd., M.Pd. Keywords: Interest in becoming a teacher, university reputation, student decisions. Decision making is an effort to create events and create the future (events when choosing and afterward). In determining the choice of study program at a university, the interest factor is one of the factors that drives students to choose the study program they will choose. Apart from that, students will also look for information about the reputation of the university they choose. Facts that occur in the field based on initial observations made show that almost 50% of students decided to choose an economics education study program not on their own initiative and 34% of students stated that they did not find out about the reputation of the university before making their choice on an economics education study program. This causes the number of people interested in choosing economic education programs from 2018 to 2021 to fluctuate. This research aims to determine the influence between variables, namely interest in becoming a teacher and university reputation on students' decisions in choosing the economics education study program for the class of 2020-2021 at Jambi University. This research is quantitative research. The population in this study were students from the 2020 and 2021 classes of the Jambi University economics education study program. The data collection technique is by distributing questionnaires via a Google Form link to respondents. The technique used in this research was stratified random sampling with a total of 125 respondents. The data analysis technique used is multiple linear regression analysis using the SPSS 16.0 for Windows assistance program. The results of this research show that: (1) interest in becoming a teacher influences students' decisions to choose an economics education study program, this can be seen from the regression coefficient value of interest in becoming a teacher of 0.547 with a positive sign in sig. 0.000 is smaller than 0.05, namely 0.000 < 0.05 or the tcount value is greater than ttable (13.056 > 1.658); (2) the reputation of universities influences students' decisions to choose an economics education study program, this is proven by the regression coefficient value for university reputation of 0.366 with a positive sign in sig. 0.000 is smaller than 0.05, namely 0.000 < 0.05 or the tcount value is greater than ttable (6.430 > 1.658); and (3) together the interest in becoming a teacher and the reputation of the university influence the student's decision to choose an economics education study program. This can be seen from the Fcount value being greater than Ftable (257.425 > 3.07) or the sig value. 0.000 < 0.05.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Interest in becoming a teacher, university reputation, student decisions. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | JAYENTI |
Date Deposited: | 30 Oct 2023 03:26 |
Last Modified: | 30 Oct 2023 03:26 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/57095 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |