PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DAN GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI MA AN-NUR TANGKIT MUARO JAMBI

MUBARAK, M ASNAWI PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DAN GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI MA AN-NUR TANGKIT MUARO JAMBI. JURNAL PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DAN GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI MA AN-NUR TANGKIT MUARO JAMBI.

[img] Text
COVER.docx

Download (28kB)
[img]
Preview
Image
PENGESAHAN.jpg

Download (220kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (50kB)
[img] Text
Bab 1.docx

Download (30kB)
[img] Text
Bab 5.docx

Download (24kB)

Abstract

ABSTRAK Mubarak, M.Asnawi. 2018. “Pengaruh Komunikasi Interpersonal Guru dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Kemanditian Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI MA An-Nur Tangkit Muaro Jambi” Skripsi. Prodi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dr. Dra. Hj. Muazza, M.SI., (II) Dr. Rosmiati, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci : Komunikasi Interpersonal Guru, Gaya belajar Siswa, Kemandirian Belajar Kemandiriran belajar merupakan belajar yang dilakukan oleh siswa secara bebas menentukan tujuan belajarnya, arah belajarnya, merencanakan proses belajarnya, menggunakan sumber-sumber belajar yang dipilihnya, membuat keputusan akademik, dan melakukan kegiatan-kegiatan untuk tercapainya tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh komunikasi interpersonal guru terhadap kemandirian belajar siswa kelas XI MA Tangkit Muaro Jambi 2) pengaruh gaya belajar terhadap kemandirian belajar siswa kelas XI MA Tangkit Muaro Jambi 3) komunikasi interpersonal guru dan gaya belajar siswa terhadap kemandirian belajar siswa kelas XI MA Tangkit Muaro Jambi. Metode penelitian yang digunakan bersifat deskriptif kuantitatif. Penelitian dilakukan di MA An-Nur Tangkit Muaro Jambi. Data diperoleh dengan cara menyebarkan semua kuesinoer kepada siswa MA An-Nur Tangkit Muaro Jambi. Populasi seluruh siswa kelas XI berjumlah 60 siswa. Instrumen yng digunakan dalam pengambilan data penelitian berupa kuesioner yang berisikan 18 item untuk variabel komunikasi interpersonal guru, 25 item untuk variabel gaya belajar siswa dan 12 item untuk variabel kemandirian blajar siswa. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa pengaruh komunikasi interpersonal guru terhadap kemandirian belajar siswa kelas XI MA Tangkit Muaro Jambi, diperoleh nilai t variabel komunikasi interpersonal guru (X1) adalah sebesar 9,248 berarah positif hal ini berarti thitung > ttabel (9,248 > 2,0024) dengan signifikan sebesar 0,000 (p > 0,05). Terdapat pengaruh pengaruh gaya belajar terhadap kemandirian belajar siswa kelas XI MA Tangkit Muaro Jambi, diperoleh nilai t variabel gaya belajar siswa (X2) adalah sebesar 3,678 berarah negatif hal ini berarti thitung > ttabel (3,678 > 2,0017) dengan signifikan sebesar 0,001 (p < 0,05). Selanjutnya Terdapat pengaruh nilai fhitug sebesar 81,127 dengan p-value sebesar 0,000. Oleh karena itu nilai fhitung lebih besar dari nilai ftabel (81,127 > 3,16), maka dapat disimpulkan bahwa komunikasi interpersonal guru dan gaya belajar siswa secara simultan berpengaruh signifikan positif terhadap kemandirian belajar. dan nilai R square sebesar 0,740 atau 74 % sedangkan sisanya merupakan variabel lain yang tidak diteliti. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel komunikasi interpersonal guru (X1) dan gaya belajar siswa (X2) secara bersama-sama terhadap kemandirian belajar siswa (Y).

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: M ASNAWI MUBARAK
Date Deposited: 09 Oct 2018 07:17
Last Modified: 09 Oct 2018 07:17
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5770

Actions (login required)

View Item View Item