Hubungan Lingkungan Madrasah dengan Aktivitas Belajar Bahasa Arab Kelas VIII MTs Raudhatul Islamiyah Desa Pembengis

Tulzannah, Rizka (2023) Hubungan Lingkungan Madrasah dengan Aktivitas Belajar Bahasa Arab Kelas VIII MTs Raudhatul Islamiyah Desa Pembengis. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (145kB)
[img] Text
BAB I SKRIPSI.pdf

Download (396kB)
[img] Text
BAB V SKRIPSI.pdf

Download (291kB)
[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (114kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (364kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL TEKS_RIZKA TULZANNAH_NIM. I1A219007.pdf

Download (4MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (343kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Tulzannah, Rizka. 2023. Hubungan Lingkungan Madrasah dengan Aktivitas Bela-jar Bahasa Arab Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Raudhatul Is-lamiyah Desa Pembengis: Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Ar-ab, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra, FKIP Universitas Jambi, Pem-bimbing: (I) Dr. Mulyadi S.Ag., M.Pd.I., (II) Rofiazka Fahmi Huda, M.Pd. Kata Kunci : aktivitas belajar, bahasa Arab, lingkungan madrasah. Penelitian ini membahas hubungan lingkungan madrasah dengan aktivitas belajar bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Raudhatul Islamiyah Desa Pembengis. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain korelasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII MTs Raudhatul Islamiyah Desa Pembengis yang berjumlah 37 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik total sampling dan data penelitian diperoleh dengan menggunakan kuesioner. Dan setelah kuesioner dikembalikan, data dianalisis secara kuantitatif menggunakan uji koefisien korelasi dan rumus analisis product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan lingkungan madrasah diperoleh dari nilai r-hitung sebesar 0,469 (0,469 > 0,325) dengan nilai sig. (2 tailed) sebesar 0,003 (0,003 < 0,05), maka dapat disimpulkan lingkungan sekolah mempunyai hubungan terhadap aktivitas belajar bahasa Arab. Berdasarkan hasil koefisien determinasi, sumbangan pengaruh dari variabel independen yaitu 21,9%. Maka penelitian ini berhasil membuktikan hipotesis yang menyatakan bahwa ter-dapat hubungan sedang antara lingkungan madrasah dan aktivitas belajar bahasa Arab. Temuan ini memberikan opsi kepada guru supaya bisa memanfaatkan waktu dengan membantu siswa supaya termotivasi untuk menjaga lingkungan dan bersemangat untuk mengikuti proses pembelajaran dengan baik dan siswa dapat memperhatikan tugas dan mengerjakan tugas rumah yang diberikan tepat waktu.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : aktivitas belajar, bahasa Arab, lingkungan madrasah.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Arab
Depositing User: TULZANNAH
Date Deposited: 20 Dec 2023 06:58
Last Modified: 20 Dec 2023 06:58
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/58975

Actions (login required)

View Item View Item