Pengembangan e-Chemistry Magazine Berbasis Contextual Teaching and Learning Untuk Menumbuhkan Self Regulated Learning Pada Materi Sistem Koloid

Rahayu, Maharani Putri (2024) Pengembangan e-Chemistry Magazine Berbasis Contextual Teaching and Learning Untuk Menumbuhkan Self Regulated Learning Pada Materi Sistem Koloid. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER DAN ABSTRAK.pdf

Download (384kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (242kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (408kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (466kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (211kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf

Download (5MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id//

Abstract

e-Chemistry Magazine merupakan majalah kimia elektronik yang menyajikan materi kimia dengan menarik serta penyajian majalah ini tidak menggunakan kertas melainkan dapat diakses melalui Handphone, Laptop, android, Iphone, Ipad, dan teknologi lainnya sehingga lebih mudah untuk digunakan. e-Chemistry Magazine dialurkan dengan contextual teaching and learning atau dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari sehingga dapat lebih memotivasi dan menumbuhkan self regulated learning belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-Chemistry Magazine berbasis contextual teaching and learning untuk menumbuhkan self regulated learning pada materi sistem koloid serta mengetahui kelayakan dari media yang telah dikembangkan. Pengembangan e-Chemistry Magazine menggunakan model pengembangan Lee & Owens. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar pedoman wawancara dan angket. Produk hasil pengembangan divalidasi oleh ahli media dan ahli materi, dilakukan penilaian praktisi oleh guru kemudian diuji cobakan dalam kelompok kecil. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian ini diperoleh dari ahli materi dan ahli media masing-masing rerata skor sebesar 4 dan 4,1 dalam kategori Layak. Selanjutnya, diperoleh penilaian praktisi oleh guru kimia dengan rerata skor sebesar 4,4 (sangat layak), serta mendapat respon yang sangat baik dari peserta didik dengan persentase 89,8%. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa e-Chemistry Magazine berbasis contextual teaching and learning untuk menumbuhkan self regulated learning peserta didik pada materi sistem koloid layak digunakan secara konseptual dan prosedural sebagai salah satu sumber belajar yang dapat membantu peserta didik dalam memahami konsep secara mandiri.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: e-Chemistry Magazine, Contextual Teaching and Learning, Self Regulated Learning, Sistem Koloid
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Rahayu
Date Deposited: 15 Mar 2024 04:29
Last Modified: 15 Mar 2024 04:29
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/62038

Actions (login required)

View Item View Item