Efektivitas Teknik Role Playing Dalam Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa di SMP Negeri 11 Kota Jambi

hidayat, toni (2024) Efektivitas Teknik Role Playing Dalam Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa di SMP Negeri 11 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Pengesahan Skripsi.pdf

Download (86kB)
[img] Text
SKRIPSI GILO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (319kB)
[img] Text
bab 2.pdf

Download (543kB)
[img] Text
bab 3.pdf

Download (670kB)
[img] Text
bab 4.pdf

Download (336kB)
[img] Text
bab 5.pdf

Download (195kB)
[img] Text
Abstrak toni.pdf

Download (171kB)
[img] Text
kata pengantar.pdf

Download (293kB)
[img] Text
cover toni.pdf

Download (199kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (672kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Komunikasi interpersonal sangat penting dilakukan untuk mendukung kelancaran komunikasi dalam aktifitas yang dilakukan sehari-hari termasuk aktifitas yang terjadi di sekolah. Siswa SMP kelas VIII pada usia ini memiliki tugas perkembangan yang harus dipenuhi, salah satunya tugas perkembangan pada usia remaja awal ini adalah mengembangkan komunikasi sosial. Tujuan penelitian ini ialah melihat apakah terdapat peningkatan yang signifikan antara pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing dan pemberian layanan kelompok tanpa menggunakan teknik role playing. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan desain penelitian quasi eksperimen (nonequivivalent control group desain.), yang dilakukan di SMP Negeri 11 Kota Jambi. Populasi penelitian ini adalah kelas VIII dengan sampel sebanyak 16 siswa yaitu kelompok eksperimen 8 siswa dan kelompok kontrol 8 siswa. Sampel ditentukan menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket model Skala Likert. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji Independent Sample T- Test. Berdasarkan hasil sebaran angket diperoleh rata-rata nilai kelas eksperimen dan kontrol mendekati sama yaitu sebesar 46.62 dan 45.91 yang artinya seimbang. Sedangkan hasil output independent sampel t-test menunjukkan bahwa rata-rata nilai post-test kelas eksperimen sebesar 73.07 dan kelas kontrol sebesar 47.13, dengan nilai Sig 0.000. Berdasarkan kriteria pengambilan keputusan, maka terdapat perbedaan tingkat komunikasi interpersonal yang diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing dengan yang tidak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan konseling dengan teknik role playing dapat meningkatkan komunikasi interpersonal siswa. Kata Kunci : Layanan Bimbingan Kelompok, Teknik Role Playing, Komunikasi Interpersonal

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Layanan Bimbingan Kelompok, Teknik Role Playing, Komunikasi Interpersonal
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: AHIRIN
Date Deposited: 04 Apr 2024 03:09
Last Modified: 10 Jul 2024 07:48
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/62766

Actions (login required)

View Item View Item