Penerapan Model Game Based Learning Berbasis Wordwall Untuk Meningkatkan Minat Belajar Sejarah Siswa Kelas XI Fase 2 SMA Negeri 3 Kota Jambi

Nursyafa'ah, Octavia Chandra (2024) Penerapan Model Game Based Learning Berbasis Wordwall Untuk Meningkatkan Minat Belajar Sejarah Siswa Kelas XI Fase 2 SMA Negeri 3 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (318kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (216kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (206kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (431kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan & Pengesahan.pdf

Download (325kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (330kB)
[img] Text
Full Text.pdf

Download (3MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Pembelajaran Sejarah, Model Game Based Learning, Wordwall, Minat Belajar Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan peneliti pada hari Selasa, 25 Oktober 2023 di kelas XI FASE 2 SMAN 3 Kota Jambi ditemukan setengah dari 37 siswa merasa perhatian atau fokus siswa selama pembelajara sejarah sering teralihkan ketika guru selama melakukan pembelajaran hanya menjelaskan tanpa menggunakan media pembelajaran. Oleh karena itu peneliti menggunakan metode pembelajaran game based learnig berbasis media pembelajaran game wordwall untuk meningkatkan minat belajar siswa. Siswa merasa lebih tertarik pada pembelajaran sejarah yang menggunakan media pembelajaran yang bervariasi. Siswa juga lebih mudah memahami pelajaran ketika guru menggunakan media yang interaktif. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat dan mengetahui meningkatnya minat belajar siswa menggunakan media pembelajaran wordwall di kelas XI FASE 2 SMA N 3 Kota Jambi. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dimana disetiap siklusnya harus mengalami peningkatan, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI FASE 2 SMAN 3 Kota Jambi yang berjumlah 37 orang. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat dan mengetahui meningkatnya minat belajar siswa menggunakan model game based learning berbasis wordwall dikelas XI FASE 2 SMAN 3 Kota Jambi. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan peneliti terhadap 37 siswa kelas XI FASE 2 SMA Negeri 3 Kota Jambi terjadi peningkatan minat belajar sejarah setelah diterapkannya media pembelajaran wordwall, Peningkatan terjadi pada nilai rata-rata minat belajar siswa pada penelitian siklus I sebesar 58,2%, pada siklus II meningkat sebesar 69,4%, dan pada siklus III meningkat menjadi 87,3%. lni merupakan peningkatan yang signifikan dari siklus pertama ke siklus berikutnya. Keywords: History Learning, Game Based Learning Model, Wordwall, Learning Interest Based on the results of initial observations made by researchers on Tuesday, October 25, 2023 in class XI PHASE 2 SMAN 3 Jambi City, it was found that half of the 37 students felt that students' attention or focus during history learning was often distracted when the teacher during the lesson only explained without using learning media. Therefore, researchers used a game-based learning method based on wordwall game learning media to increase student interest in learning. Students feel more interested in learning history using varied learning media. Students also find it easier to understand lessons when teachers use interactive media. The purpose of this study was to see and determine the increase in student interest in learning using wordwall learning media in class XI PHASE 2 SMA N 3 Jambi City. This type of research is Classroom Action Research (PTK), where each cycle must increase, the population in this study were all students of class XI PHASE 2 SMAN 3 Jambi City, totaling 37 people. The purpose of this study was to see and determine the increase in student interest in learning using a game-based learning model based on wordwall in class XI PHASE 2 SMAN 3 Jambi City. From the results of this study it can be concluded that the Classroom Action Research (PTK) conducted by researchers on 37 students of class XI PHASE 2 SMA 3 Jambi City.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Sejarah, Model Game Based Learning, Wordwall, Minat Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: NURSYAFA'AH
Date Deposited: 13 May 2024 03:52
Last Modified: 13 May 2024 03:52
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/63419

Actions (login required)

View Item View Item