Fatmawati, Fatmawati (2024) Strategi Pengawas Dan Kepala Sekolah dalam meningkatkan kualitas mengajar guru di SMA Negeri Kabupaten Tanjung Jabung Timur. S2 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Cover FATMAWATI.pdf Download (60kB) |
![]() |
Text
Abstrak FATMAWATI.pdf Download (16kB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (136kB) |
![]() |
Text
BAB 1 FATMAWATI.pdf Download (403kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka FATMAWATI.pdf Download (41kB) |
![]() |
Text
BAB 5 FATMAWATI.pdf Download (17kB) |
![]() |
Text
Full TESIS FATMAWATI.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi yang diambil oleh pengawas sekolah dan kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas mengajar guru , mengetahui apa saja kendala pengawas dan kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas mengajar guru , dan mengetahui apa solusi pengawas dan kepala sekolah dalam menyikapi kendala tersebut. Penelitian ini dilakukan di 3 SMA Negeri di Kabupaten Tanjung Jabung Timur yaitu SMA Negeri 1, SMA Negeri 3 dan SMA Negeri 4 Tanjung Jabung Timur. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan fenomenologi. Tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara,observasi dan dokumen. Tekhnik analisis penyajian data dimulai dari hasil pengumpulan seluruh data wawancara, observasi dan dokumen. Dilanjutkan dengan reduksi data, penyajian data dan ditarik kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data menggunakan Triangulasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pengawas dan kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas mengajar guru. Strategi kepala sekolah dalam peningkatan kualitas guru di 3 SMA Negeri yaitu SMA Negeri 1, SMA Negeri 3 dan SMA Negeri 4 Tanjung Jabung Timur yaitu kepala sekolah menyusun program pelatihan yang berkelanjutan, kepala sekolah mendorong kolaborasi dalam pengembangan kurikulum dan pembaharuan metode pengajaran, kepala sekolah menyelenggarakan pertemuan orang tua secara berkala untuk menyampaikan informasi tentang program sekolah, pengawas sekolah memberikan kesempatan untuk para kepala sekolah dan guru menyampaikan preferensi dan pandangan, pengawas sekolah melakukan pendekatan kolaboratif dan mengadakan pertemuan rutin untuk mendengar masukan dan mendapatkan saran dari guru yang mengajar, pengawas sekolah aktif dalam melibatkan guru dalam program pelatihan berkala yang dirancang khusus untuk meningkatkan keterampilan mengajar mereka. Kendala yang dialami kepala sekolah dan pengawas sekolah dalam peningkatan kualitas guru adalah keterbatasan sumber daya yang ada di sekolah, keterbatasan waktu, keterbatasan anggaran, ruang kelas yang cukup besar, ketidaknyamanan beberapa guru yang ada di sekolah dalam dilaksanakan supervisi. Solusi yang ditawarkan dan diberikan kepala sekolah dan pengawas sekolah untuk mengatasi kendala dalam peningkatan kualitas guru adalah pengawas sekolah biasanya melibatkan para guru untuk secara aktif dalam pengambilan keputusan, kepala sekolah melaksanakan evaluasi belajar untuk memudahkan para guru dalam mengajar
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah, Kualitas Mengajar Guru |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | FATMAWATI |
Date Deposited: | 14 May 2024 03:20 |
Last Modified: | 14 May 2024 03:20 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/63517 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |