Otari, Sri (2024) Analisis Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila dalam Dimensi Bernalar Kritis pada Pembelajaran Anak Usia 5-6 Tahun di TK Kirana Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (178kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (215kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (119kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (638kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (190kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN, PENGESAHAN.pdf Download (268kB) |
Abstract
Otari, Sri. 2023. Analisis Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila dalam Dimensi Bernalar Kritis pada Pembelajaran Anak Usia 5-6 Tahun di TK Kirana Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Uswatul Hasni, M.Pd. (II) Winda Sherly Utami, M.Pd. Kata Kunci : Nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila, Bernalar Kritis, Pembelajaran Anak Usia 5-6 tahun Nilai-nilai profil pelajar pancasila ada 6 yaitu, 1). Beriman, bertakwa kepada tuhan YME, dan berakhlak mulia, 2). Berkebhinekaan global, 3). Bergotong royong, 4). Mandiri, 5). Bernalar kritis, 6). Kreatif. Bernalar kritis pada pembelajaran anak usia 5-6 tahun di TK Kirana Kota Jambi, dimensi bernalar kritis yang bertujuan agar anak memiliki kemampuan yang mengacu pada indikator bernalar kritis yaitu memperoleh dan memproses informasi dari gagasan, menganalisis dan mengevaluasi penalaran, kemudian merefleksi dan mengevaluasi pemikirannya sendiri. Nilai-nilai dimensi bernalar kritis pada anak usia dini masih belum berjalan dengan baik karena masih banyak anak yang kurang aktif dalam proses kegiatan pembelajaran. Pada saat kegiatan tanya jawab terlihat hanya beberapa anak yang merespon pertayaan guru. Selain itu pula terlihat ada sebagian anak kurang mampu untuk mengungkapkan idenya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis nilai-nilai profil pelajar pancasila dalam dimensi bernalar kritis pada pembelajaran anak usia 5-6 tahun di TK Kirana Kota Jambi. Metode pada penelitian ini menggunakan pendekatan dekriptif kualitatif. Data yang diperoleh menggunakan data primer dari hasil observasi, wawancara dan data sekunder dari dokumentasi. Informan pada penelitian ini adalah guru kelas TK Kirana Kota Jambi yang berjumlah 3 orang guru. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai profil pelajar pancasila dalam dimensi bernalar kritis pada pembelajaran anak usia 5-6 tahun di TK Kirana Kota Jambi telah melakukan kegiatan pembelajaran bernalar kritis yang mengacu pada indikator memperoleh dan memproses informasi dari gagasan (anak berani mengajukan pertanyaan dan menunjukka sikap rasa ingin tahunya), menganalisis dan mengevaluasi penalaran (Menganalisis dan mengevaluasi penalaran dan prosedurnya) dan merefleksi dan mengevaluasi pemikirannya sendiri (menyebut apa yang dipikirnya secara singkat). Akan tetapi pada proses pembelajaran tidak semua indikator yang berhasil dilakukan. Pada indikator menganalisis dan mengevaluasi penalaran terlihat anak masih kurang mampu mengidentifikasi dan mengolah informasi pada saat proses pembelajaran. There are 6 values of the Pancasila student profile, namely, 1). Believe, fear God, and have noble character, 2). Global diversity, 3). Mutual cooperation, 4). Independent, 5). Critical reasoning, 6). Creative. Critical reasoning in learning for children aged 5-6 years at Kirana Kindergarten, Jambi City, the dimension of critical reasoning which aims to make children have the ability to refer to critical reasoning indicators, namely obtaining and processing information from ideas, analyzing and evaluating reasoning, then reflecting and evaluating their own thinking. The values of the critical reasoning dimension in early childhood are still not going well because there are still many children who are less active in the process of learning activities. During question and answer activities, it was seen that only a few children responded to the teacher's questions. In addition, it was also seen that some children were less able to express their ideas. The purpose of this study was to analyze the values of the Pancasila student profile in the dimension of critical reasoning in learning for children aged 5-6 years at Kirana Kindergarten, Jambi City. The method in this study uses a qualitative descriptive approach. Data obtained using primary data from observation, interviews and secondary data from documentation. The informants in this study were Kirana Kindergarten class teachers in Jambi City, totaling 3 teachers. The data analysis techniques used in this study are data reduction, data presentation and data verification. Based on the results of the study, it shows that the values of the Pancasila student profile in the dimension of critical reasoning in learning for children aged 5-6 years at Kirana Kindergarten, Jambi City have carried out critical reasoning learning activities that refer to indicators of obtaining and processing information from ideas (children dare to ask questions and show their curiosity attitude), analyzing and evaluating reasoning (Analyzing and evaluating reasoning and procedures) and reflecting and evaluating their own thinking (mentioning what they think briefly). However, in the learning process not all indicators were successfully carried out. In the indicator of analyzing and evaluating reasoning, it can be seen that children are still unable to identify and process information during the learning process. Keywords: Pancasila Learner Profile Values; Critical Reasoning; 5-6 years old children learning
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila, Bernalar Kritis, Pembelajaran Anak Usia 5-6 Tahun |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Otari |
Date Deposited: | 16 May 2024 04:00 |
Last Modified: | 16 Jul 2024 09:21 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/63717 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |