LIMBONG, INDAH NOFRIDA (2024) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN KELAS VI C SD NEGERI 25/IV KOTA JAMBI. S2 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (17kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (178kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (84kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (58kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (172kB) |
![]() |
Text
FULL TESIS.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (89kB) |
Abstract
ABSTRAK Limbong, Indah Nofrida: 2024. Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas VI C SD Negeri 25/IV Kota Jambi. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Dasar. Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar. Pembimbing I Prof. Dr. Drs. Hendra Sofyan, M.Si. Pembimbing II Prof. Drs. Syahrial, M.Ed., Ph.D. Kata Kunci: Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, PPKn Salah satu masalah yang terdapat pada pembelajaran PPKn di sekolah adalah siswa kurang dilatih untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis melalui soal-soal yang diberikan guru dan guru masih sering menggunakan model ceramah dan tanya jawab, akibatnya kurang merangsang kemampuan berpikir kritis siswa, siswa kesulitan dalam mengidentifikasi kasus-kasus, mengevaluasi argumen dalam materi yang diberikan oleh guru di kelas, siswa kesulitan menganalisis informasi yang ada, sehingga siswa menerima apa adanya informasi dan siswa sulit mengevalusi dan menyimpulkan keputusan dalam setiap pertanyaan. Penelitian ini bertujuan mengetahui penerapan model Problem Based Learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada Mata Pelajaran PPKn Kelas VI C SD Negeri 25/IV Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan model spiral Kemmis Mc & Tagert yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini menerapkan model Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran PPKn di Sekolah Dasar Negeri 25/IV Kota Jambi dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas VI C dengan jumlah 23 siswa, yang terdiri dari 13 laki-laki dan 10 perempuan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa penerapan model ini telah membawa dampak positif yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa, hal ini dapat dibuktikan dari peningkatan hasil tes siswa tiap siklusnya, mulai dari sebelum diberikannya tindakan dan setelah diberikannya tindakan model I, hasil pretest menunjukan persentase sebesar 36%, kemudian rata-rata hasil keseluruhan posttest pada siklus I yaitu 54% dan rata-rata hasil keseluruhan posttest pada siklus II yaitu 76%. Hal ini membuktikan bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik mengalami peningkatan di setiap hasil posttest siklus I dan II yang telah dilakukan hingga mencapai kriteria ketuntasan yang diharapkan yaitu 75%. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran PPKn kelas Kelas VI C SD Negeri 25/IV Kota Jambi.Saran yang dapat diajukan adalah guru dapat menerapkan model Problem Based Learning dalam proses pembelajaran sehingga mampu mengoptimalkan kemampuan berpikir kritis siswa. Untuk penelitian lebih lanjut, disarankan kiranya untuk perlu diteliti pada pokok bahasan yang lain.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, PPKn |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Indah Nofrida Limbong |
Date Deposited: | 27 May 2024 02:27 |
Last Modified: | 27 May 2024 02:27 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/64057 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |