PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS TEKNIK HOMEROOM TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA SMP NEGERI 16 KOTA JAMBI

NUZULIA, BESSE (2024) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS TEKNIK HOMEROOM TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA SMP NEGERI 16 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS UNJA.

[img] Text
ABSTRAK SKRIPSI.pdf

Download (78kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (275kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (81kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BESSE NUZULIA NIM A1E119118.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Nuzulia, Besse. (2024). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Berbasis Teknik Homeroom Terhadap Minat Belajar Siswa SMP Negeri 16 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Ilmu Pendidikan, Prodi Bimbingan dan Konseling, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Nelyahardi, M.Pd., (II) Nur Hasanah Harahap, M.Pd., Kons. Kata Kunci: Teknik Homeroom, Layanan Bimbingan dan Konseling, Minat Belajar Siswa Minat belajar merupakan faktor penting bagi siswa dalam mengembangkan keberhasilan belajar. Peningkatan minat belajar siswa dipengaruhi berbagai macam faktor, salah satunya adalah faktor peran guru bimbingan konseling dalam memberikan layanan bimbingan kelompok melalui teknik homeroom. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dan positif dari layanan bimbingan kelompok berbasis teknik homeroom terhadap minat belajar siswa di SMP Negeri 16 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dan variasi pre-experimental one group pretest-posttest. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah 328 seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 16 Kota Jambi diperoleh sampel sebanyak 10 siswa (Satu kelompok ekperimen). Pengumpulan data penelitian ini menggunakan instrumen berupa angket dengan jumlah item sebanyak 19 item. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji persentase dan wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa sebelum (pre-test) diberikan treatment sebesar 58,3% dan setelah diberikan treatment (post-test) sebesar 83,6%. Hasil Uji Wilcoxon menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan minat belajar siswa setelah diberikan layanan bimbingan kelompok berbasis teknik homeroom. Berdasarkan hasil analisis inferensial menggunakan Wilcoxon signed rank pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh Pvalue = 0,005. Pvalue<α (0,005< 0,05) dengan demikian Ha diterima. Disarankan pada guru bimbingan dan konseling hendaknya lebih memperhatikan minat belajar siswa dan lebih banyak menjalankan layanan bimbingan konseling sesuai dengan kebutuhan dan permasalahan siswa menggunakan teknik homeroom karena sebagai salah satu metode untuk melihat minat belajar siswa dan menemukan solusi untuk mengentaskan masalah siswa.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Teknik Homeroom, Layanan Bimbingan dan Konseling, Minat Belajar Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Nuzulia
Date Deposited: 31 May 2024 02:44
Last Modified: 10 Jul 2024 08:08
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/64248

Actions (login required)

View Item View Item