PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GOOGLE SITES MATERI IKATAN KIMIA PENDEKATAN STEM-PjBL

Andriyani, Meri (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GOOGLE SITES MATERI IKATAN KIMIA PENDEKATAN STEM-PjBL. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (236kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (269kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (200kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (384kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (210kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf

Download (238kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Abstrak Materi Ikatan kimia yang diajarkan di sekolah berisi konsep-konsep yang bersifat abstrak sehingga membuat peserta didik kurang tertarik untuk mempelajarinya. Kurangnya pemahaman konsep materi ikatan kimia yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari dan rendahnya kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Pembelajaran STEM-PjBL dapat mendorong peserta didik untuk mengaplikasikan pengetahuan yang dimiliki ke dunia nyata dengan menciptakan produk yang terintegrasi dengan keterampilan STEM. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Google Sites pendekatan STEM-PjBL pada materi ikatan kimia, mengetahui hasil kelayakan konseptual, penilaian guru, dan respons peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menerapkan model pengembangan Lee & Owens. Instrumen penelitian berupa lembar pedoman wawancara dan angket. Produk hasil pengembangan divalidasi oleh ahli materi dan media serta dinilai oleh guru yang selanjutnya diujicobakan kelompok kecil. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian yang diperoleh dari validasi ahli materi dan media, masing-masing diperoleh rerata skor 4,64 (sangat layak), 4,45 (sangat layak) sehingga dinyatakan layak untuk diujicobakan. Penilaian guru terhadap pengembangan media pembelajaran Google Sites materi ikatan kimia pendekatan STEM-PjBL memperoleh skor rata-rata 4,76 (sangat layak) serta mendapatkan respons positif dari peserta didik dengan persentase 88,62% (sangat baik). Abstract The chemical bonding material taught in schools contains abstract concepts, making students less interested in studying it. Lack of understanding of the concept of chemical bonding material related to everyday life and low creative thinking abilities of students. STEM-PjBL learning can encourage students to apply their knowledge to the real world by creating products that are integrated with STEM skills. This research aims to develop learning media based on the Google Sites STEM-PjBL approach to chemical bonding material, knowing the results of conceptual feasibility, teacher assessment, and student responses. This research is development research by applying the Lee & Owens development model. The research instrument is an interview guide sheet and questionnaire. The resulting product is validated by material and media experts and assessed by teachers who are then tested in small groups. The data analysis techniques used are qualitative data analysis and quantitative data analysis. The research results obtained from the validation of material and media experts, each obtained an average score of 4.64 (very feasible), 4.45 (very feasible) so that it was declared suitable for testing. The teacher's assessment of the development of Google Sites learning media for chemical bond material using the STEM-PjBL approach obtained an average score of 4.76 (very decent) and received a positive response from students with a percentage of 88.62% (very good).

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Google Sites, Ikatan Kimia, STEM-PjBL
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ANDRIYANI
Date Deposited: 03 Jun 2024 03:00
Last Modified: 03 Jun 2024 03:00
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/64304

Actions (login required)

View Item View Item