Implementasi Pendidikan Karakter Sekolah Dalam Menghadapi Perilaku Bullying Di Kalangan Siswa SMA Negeri 7 Muaro Jambi

Mia, Tarmiati (2024) Implementasi Pendidikan Karakter Sekolah Dalam Menghadapi Perilaku Bullying Di Kalangan Siswa SMA Negeri 7 Muaro Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK MIA.pdf

Download (85kB)
[img] Text
BAB I MIA.pdf

Download (256kB)
[img] Text
BAB V MIA.pdf

Download (92kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA MIA.pdf

Download (263kB)
[img] Text
Mia Persetujuan.pdf

Download (792kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL MIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
COVER MIA.pdf

Download (273kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Tarmiati,. 2024. Implementasi Pendidikan Karakter Sekolah Dalam Menghadapi Perilaku Bullying di Kalangan Siswa SMA Negeri 7 Muaro Jambi. Skripsi, Administrasi Pendidikan, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing Skripsi (I) Prof. Amirul Mukminin, S.Pd. M.Sc., Ed., Ph.D. (II) Dr. Robin Pratama, M. Pd. Penelitain ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter di sekolah dan untuk perilaku bullying yang terjadi pada siswa di SMA Negeri 7 Muaro Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan mereduksi data, setelah itu disajikan dalam bentuk deskripsi, dan diverifikasi dengan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Bullying terjadi karena faktor penting adalah: 1) Lingkungan rumah, dimana pola asuh orang tua dalam membesarkandan mendidik anak menjadi hal yang paling utama; 2) Tingkat stress yang di alami seorang anak, karena jenuh belajar seharian di sekolah jadi peserta didik mencari jalan keluar untuk menghibur diri dengan membuat candaan sesama teman yang mana jika terus dilakukan akan melewati batas menjadi verbal abuse (kekerasan dalam perkataan) atau bisa menuju fhysical abuse (kekerasan fisik); dan 3) Minimnya sosialisasi pengetahuan mengenai bullying yang diberikan oleh pihak sekolah maupun organisasi masyarakat kepada peserta didik. Strategi dalam implementasi pendidikan karakter sekolah dalam menghadapi perilaku bullying di kalangan siswa dengan memberikan penguatan karkater setiap hari melalui pembelajaran dikelas, mengadakan kegiatan penguatan iman dan taqwa serta membuka layanan pengaduan kepada wali kelas jika ada yang melakukan tindakan bullying sesama teman atau pun siswa dan guru. Adapun kendala dalam mengatasi nya jika terjadi diluar sekolah masih belum bisa kontrol karena itu sudah diluar kendali pihak sekolah. Untuk itu perlunya kerjasama antara sekolah dan juga orang tua serta lingkungan sekitar. Kesimpulan : Implementasi Pendidikan Karakter Sekolah dalam Menghadapi Perilaku Bullying di Kalangan Siswa SMA Negeri 7 Muaro Jambi telah berjalan dengan baik dibuktikan dengan pihak sekolah berperilaku proaktif dengan membuat program pengajaran keterampilan sosial seperti setiap belajar diadakan diskusi kelompok untuk membangun, problem solving, dan pendidkan karakter. Kata kunci: Implementasi Pendidikan Karakter, Perilaku Bullying di Sekolah.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Pendidikan Karakter, Perilaku Bullying di Sekolah.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: TARMIATI
Date Deposited: 06 Jun 2024 01:58
Last Modified: 06 Jun 2024 01:58
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/64441

Actions (login required)

View Item View Item