MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR PADA KELAS 1 SD NEGERI 207/VIII SUNGAI ALAI

suhaidi, suhaidi and Sukendro, Sukendro and Nugraha, Ugi (2024) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR PADA KELAS 1 SD NEGERI 207/VIII SUNGAI ALAI. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
TESIS SUHAIDI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
cover tesis suhaidi.pdf

Download (323kB)
[img] Text
Halaman pengesahan tesis suhaidi.pdf

Download (206kB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (473kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (589kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (372kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (267kB)

Abstract

ABSTRAK Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Media Kartu Kata Bergambar Pada Kelas 1 Sd Negeri 207/VIII Sungai Alai Oleh : Suhaidi Nim.P2A622032 Program Studi Magister Pendidikan Dasar Pembelajaran membaca merupakan langkah awal penting bagi siswa Sekolah Dasar (SD) dalam memahami pesan yang disampaikan oleh penulis melalui tulisan. Pembelajaran yang menarik dan efektif diperlukan agar siswa dapat menikmati proses membaca. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah penggunaan media kartu kata bergambar, yang memiliki kelebihan dalam memperjelas konsep, mengatasi batasan ruang dan waktu, serta memfasilitasi pembelajaran secara menarik bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas penggunaan media kartu kata bergambar dalam meningkatkan pemahaman membaca pada siswa kelas 1 SD. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan Tindakan Kelas, dengan model penelitian Kemmis & Mc Taggartdengan melalui empat tahap utama: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 20 siswa kelas 1 di SDN 207/VIII Sungai Alai. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes lisan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kemampuan membaca siswa setelah penerapan media kartu kata bergambar. Hasil Pra siklus menunjukkan data awal kemampuan membaca permulaan siswa yaitu sebesar 30%, kemudian setelah diberi tindakan pada siklus I menjadi 40% dalam persentase ketuntasan tes lisan. Siklus kedua menunjukkan peningkatan lebih lanjut menjadi 57,5%, dan pada siklus ketiga, mencapai 82,5%. Hasil observasi juga menunjukkan peningkatan yang konsisten dari siklus ke siklus yang diakhiri pada siklus III dimana telah menjapai target keberhasilan penelitian yaitu keberhasilan secara klasikal 75%. Hasil penelitian membuktikan bahwa penggunaan media kartu kata bergambar efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa. Kata Kunci: Membaca Permulaan, Media, Kartu Kata Bergambar, Sekolah Dasar

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: SUHAIDI
Date Deposited: 12 Jun 2024 04:09
Last Modified: 12 Jun 2024 04:09
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/64515

Actions (login required)

View Item View Item