PENGEMBANGAN e-MODUL PADA MATERI KOLOID BERBASIS CHEMO-EDUTAINMENT UNTUK MENUMBUHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK

Apriyana, Dwi (2024) PENGEMBANGAN e-MODUL PADA MATERI KOLOID BERBASIS CHEMO-EDUTAINMENT UNTUK MENUMBUHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (41kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (306kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (139kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (108kB)
[img] Text
ARTIKEL PENGEMBANGAN e-MODUL PADA MATERI KOLOID BERBASIS CHEMO-EDUTAINMENT UNTUK MENUMBUHKAN KAMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK.pdf

Download (610kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (173kB)
[img] Text
PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf

Download (127kB)

Abstract

Mata pelajaran kimia adalah mata pelajaran yang berfokus pada bagaimana peserta didik memahami konsep, prinsip, hukum dan teori kimia serta keterkaitannya dalam kehidupan sehari-hari. Pendekatan chemo-edutainment merupakan sebuah konsep pembelajaran kimia yang menarik dan menyenangkan yang dapat membantu peserta didik belajar di dalam kelas maupun secara mandiri sesuai dengan tuntutan kurikulum yang mengedepankan kemandirian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan e-modul pada materi koloid berbasis chemo-edutainment menurut ahli materi dan ahli media, mengetahui penilaian guru bidang studi kimia dan mengetahui respon peserta didik terhadap media yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan Lee & Owens. Instrument penelitian yang digunakan berupa lembar pedoman wawancara dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif (komentar dan saran) dan analisis data kuantitatif (rata-rata skor jawaban dan persentase). Hasil dari penelitian ini bahwa e-modul berbasis chemo-edutainment pada materi koloid mendapat hasil kelayakan ahli materi sebesar 4,3 (Sangat Layak), ahli media sebesar 4,7 (Sangat Layak), penilaian guru sebesar 4,7 (Sangat Layak), serta mendapatkan respon yang sangat baik dari peserta didik dengan persentase respon peserta didik sebesar 92,6%. Berdasarkan pengembangan dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis chemo-edutainment pada materi koloid sudah layak digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran kimia

Type: Thesis (S1)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Universitas Jambi (UNJA) > Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > A General Works > AC Collections. Series. Collected works

L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: APRIYANA
Date Deposited: 11 Jun 2024 03:17
Last Modified: 11 Jun 2024 03:17
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/64949

Actions (login required)

View Item View Item