PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ABIL PADA MATERI ASAM DAN BASA UNTUK MELATIH KEMAMPUAN ARGUMENTASI SISWA SMA

Fadilah, Mala Azmi (2024) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ABIL PADA MATERI ASAM DAN BASA UNTUK MELATIH KEMAMPUAN ARGUMENTASI SISWA SMA. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (84kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (98kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (41kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (34kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (168kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI_Mala Azmi Fadilah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB) | Request a copy
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Argumentasi adalah menyampaikan pendapat yang disertai dengan pembuktian ilmiah, sehingga kemampuan argumentasi perlu diterapkan dalam proses pembelajaran. Peneliti menemukan bahwa kemampuan argumentasi di SMA N 5 Kota Jambi masih tergolong rendah dan perlu ditingkatkan. Nilai rata-rata pretest siswa adalah 34,31. Peneliti juga menemukan bahwa belum ada media yang dapat melatih kemampuan argumentasi siswa di SMA N 5 Kota Jambi. Oleh karena itu, peneliti bermaksud untuk mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif berbasis ABIL untuk melatih kemampuan argumentasi siswa pada materi asam dan basa. Metode pengembangan yang digunakan adalah metode R&D dengan mengikuti langkah-langkah dari model 4D. Hasil penelitian pengembangan yang didapatkan yaitu kevalidan dari ahli materi dan ahli media adalah sangat valid dengan total skor 77 dan 57. Kemudian, hasil dari penilaian guru juga sangat valid dengan total skor 48. Hasil respon siswa terhadap pengembangan yang didapatkan adalah sangat baik dengan persentase 95,13%. Dan juga, nilai rata-rata posttest siswa adalah 90,20. Sehingga, dapat simpulkan bahwa kemampuan argumentasi siswa setelah menggunakan multimedia pembelajaran interaktif berbasis ABIL pada materi asam dan basa terjadi peningkatan. Argumentation is to convey opinions accompanied by scientific evidence, so the ability to argue needs to be applied in the learning process. The researchers found that the ability to argue in N 5 high school City Jambi is still low and needs to be improved. The average student's pre-test score was 34.31. The researchers also found that there is no media that can train the argumentation skills of students at N 5 High School City Jambi. Therefore, the researchers intend to develop an interactive learning multimedia based on ABIL to train students' argumentation skills on acid and base materials. The development method used was the R&D method following the steps of the 4D model. The development research results obtained, namely the validation of material experts and media experts, were very valid with a total score of 77 and 57. Then, the result of the teacher's assessment was also highly valid with the total score 48. The student's response to the development achieved was very good with a percentage of 95.13%. And also, the average student posttest score was 90.20. Thus, it can be concluded that the argumentation ability of students after using multimedia interactive learning based on ABIL on acid and base material improved.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: multimedia pembelajaran interaktif, ABIL, argumentasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: FADILAH
Date Deposited: 14 Jun 2024 02:51
Last Modified: 14 Jun 2024 02:51
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/65344

Actions (login required)

View Item View Item