Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Pelajaran IPAS Kelas IV SDIT Ash Shiddiiqi

Karomah, Siti (2024) Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Pelajaran IPAS Kelas IV SDIT Ash Shiddiiqi. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Lembar pengesahan.pdf

Download (153kB)
[img] Text
Full Tesis Ok.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Cover Tesis Ok-1-2.pdf

Download (14kB)
[img] Text
Abstrak Tesis Ok-4-5.pdf

Download (15kB)
[img] Text
Dapus Tesis Ok-110-115.pdf

Download (220kB)
[img] Text
BAB V Tesis Ok-107-109.pdf

Download (77kB)
[img] Text
BAB I Tesis Ok-16-25.pdf

Download (110kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas IV SDIT Ash Shiddiiqi Kota Jambi setelah penerapan model Project Based Learning dalam proses pembelajaran berdasarkan indikator fluency, flexibility, originality, dan elaboration. Jenis penelitian yang di gunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan mengacu pada model yang di kembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini di laksanakan di SDIT Ash Shiddiiqi Kota Jambi pada semester genap Tahun Ajaran 2023/2024. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV yang berjumlah 26 orang. Pada penelitian ini peneliti menggunakan teknik pengumpulan data observasi dan dokumentasi. Instrumen yang di gunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dalam menerapkan model Project Based Learning dan lembar observasi peserta didik berdasarkan indikator fluency, flexibility, originality, dan elaboration. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada tiap aspek mengindikasikan rata-rata kemampuan berpikir peserta didik pada aspek fluency di peroleh nilai 87% dan tergolong kategori sangat baik. Selanjutnya aspek flexibility memiliki rata-rata keseluruhan 85% dan tergolong pada kategori sangat baik. Sedangkan aspek originality memiliki nilai sebesar 74% dan aspek Elaboration dengan nilai 61% tergolong kategori baik

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning, Kemampuan Berpikir Kreatif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Siti Karomah
Date Deposited: 25 Jun 2024 08:22
Last Modified: 25 Jun 2024 08:22
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/65667

Actions (login required)

View Item View Item