Pengembangan Majalah Kimia Elektronik e-Chemagz berbasis Chemo-Entrepreneurship Materi Hidrokarbon Berbentuk Aplikasi Android Berorientasi Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA

Putri, Sonia Ariesti (2024) Pengembangan Majalah Kimia Elektronik e-Chemagz berbasis Chemo-Entrepreneurship Materi Hidrokarbon Berbentuk Aplikasi Android Berorientasi Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (133kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (192kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (175kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (209kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (101kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (249kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Materi hidrokarbon merupakan salah satunya yang memiliki konsep abstrak dengan aplikasi yang cukup banyak dalam kehidupan sehari-hari. Dalam pembelajaran siswa kesulitan untuk memahami materi hidrokarbon, siswa menyatakan karena materi yang kurang menarik dan tidak dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari. Dan rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa. Dengan Pendekatan Chemo-entrepreneurship pembelajaran berbasis project siswa mengkaitkan langsung pada objek nyata atau fenomena di sekitar kehidupan manusia. Untuk memecahkan masalah dengan adanya produk, dan mengarahkan solusi tersebut agar mempunyai nilai ekonomis. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan majalah kimia elektronik e-Chemagz berbasis Chemo-entrepreneurship pada materi hidrokarbon, mengetahui hasil kelayakan konseptual dan prosedural, penilaian guru, dan respon siswa. Penelitian ini merupakan penilaian pengembangan dengan menerapkan model pengembangan Lee & Owens. Instrument penelitian yang digunakan berupa lembar wawancara, dan angket. Hasil pengembangan produk divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Setelah itu media dinilai oleh guru serta diujicobakan pada uji coba satu-satu dan uji coba kelompok kecil. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif (komentar dan saran) dan analisis data kuantitatif (skor penilaian). Hasil penelitian yang diperoleh dari validasi ahli materi dan media, masing-masing dengan rerata skor 4,64 (sangat layak), 4,6 (sangat layak) sehingga dapat dinyatakan layak untuk diujicobakan. Penilaian guru terhadap pengembangan e-Chemagz materi hidrokarbon berbasis Chemo-entrepreneurship memperoleh rerata skor 4,8 (sangat baik) dan mendapatkan respon positif dari siswa dengan persentase 92,5% untuk uji satu-satu dan 91,37% pada uji kelompok kecil dengan kategori (sangat baik). Hydrocarbon material is one that has an abstract concept with quite a lot of applications in everyday life. In learning, students had difficulty understanding hydrocarbon material, students stated that it was because the material was less interesting and not related to everyday life. And students' low creative thinking abilities. With the Chemo-entrepreneurship approach, project-based learning makes students relate directly to real objects or phenomena around human life. To solve problems with products, and direct these solutions to have economic value. This research aims to develop an electronic chemistry magazine e-Chemagz based on Chemo-entrepreneurship on hydrocarbon material, knowing the results of conceptual and procedural feasibility, teacher assessment, and student responses. This research is a development assessment by applying the Lee & Owens development model. The research instruments used were interview sheets and questionnaires. Product development results are validated by material experts and media experts. After that, the media is assessed by the teacher and tested in one-on-one trials and small group trials. The data analysis techniques used are qualitative data analysis (comments and suggestions) and quantitative data analysis (assessment scores). The research results obtained from validation by material and media experts, each with an average score of 4.64 (very feasible), 4.6 (very feasible) so that it can be declared suitable for testing. The teacher's assessment of the development of e-Chemagz hydrocarbon material based on Chemo-entrepreneurship obtained an average score of 4.8 (very good) and received a positive response from students with a percentage of 92.5% for the one-on-one test and 91.37% for the small group test with category (very good).

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: e-Chemagz, Hidrokarbon, Android, Chemo-entrepreneurship
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Putri
Date Deposited: 03 Jul 2024 06:41
Last Modified: 03 Jul 2024 06:42
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/65842

Actions (login required)

View Item View Item