Pengembangan E-Modul Pembelajaran Materi Harmoni Dalam Ekosistem Menggunakan Aplikasi Quizizz Untuk Kelas V Sekolah Dasar

Syafa'atin, Shinta Isnaini (2024) Pengembangan E-Modul Pembelajaran Materi Harmoni Dalam Ekosistem Menggunakan Aplikasi Quizizz Untuk Kelas V Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Skripsi Shinta Isnaini FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Cover DLL SHinta-1-2.pdf

Download (64kB)
[img] Text
Cover DLL SHinta-3-15.pdf

Download (271kB)
[img] Text
bab 1 pendahuluan shinta isnaini.pdf

Download (138kB)
[img] Text
BAB 2_SHINTA ISNAINI.pdf

Download (125kB)
[img] Text
BAB 3_SHINTA ISNAINI.pdf

Download (171kB)
[img] Text
BAB 4_SHINTA ISNAINI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5_SHINTA ISNAINI.pdf

Download (76kB)
[img] Text
ABSTRAK_SHINTA ISNAINI.pdf

Download (57kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_SHINTA ISNAINI.pdf

Download (154kB)
[img] Text
LAMPIRAN_SHINTA ISNAINI SYAFA__.pdf

Download (758kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Syafa’atin, Shinta Isnaini. 2024. Pengembangan E-Modul Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Quizizz Materi Harmoni dalam Ekosistem untuk Kelas V Sekolah Dasar. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Fakultas Kegurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Dr. Dra. Destrinelli, M.Pd., (2) Silvina Noviyanti, S. Pd., M. Pd Kata Kunci: Pengembangan, E-modul, quizizz Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prosedur pengembangan, kevalidan, dan kepraktisan e-modul pada materi harmoni dalam ekosistem menggunakan aplikasi quizizz di sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 111/I Muara Bulian pada tanggal 05 April sampai 05 Mei 2024. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan 4D (Defiine, Design, Development, Disseminate), dengan subjek penelitian peserta adalah siswa kelas V SD Negeri 111/I Muara Bulian. Data penelitian dan pengembangan ini diperoleh dari beberapa sumber yaitu: hasil wawancara kebutuhan terkait pengembangan produk yang diperoleh dari wawancara pendidik dan peserta didik kelas V, kevalidan produk diperoleh dari validasi ahli media, validasi ahli materi, dan validasi ahli bahasa. Kepraktisan produk diperoleh dari angket respon peserta didik dan pendidik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosedur pengembangan menggunakan model 4D yang terdiri dari tahapan pendefinisian dimana pada tahapan ini dilakukan analisa yaitu melakukan analisis kebutuhan pengembangan produk, tahapan perancangan berupa perancangan awal dari produk yang dikembangkan, tahapan pengembangan berupa validasi produk oleh ahli, pada tahap penyebaran berupa implementasi produk pada skala yang lebih besar. Tingkat validitas produk yang diperoleh dari ahli media mendapatkan skor rata-rata sebesar 91,66% dengan kategori produk sangat valid, penilaian ahli materi mendapatkan skor rata-rata 94,44% dengan kategori svalid, dan untuk validasi Bahasa mendapatkan skor rata-rata 100% dengan kategori sangat valid. Penilaian dari respon guru mendapatkan nilai dengan rata-rata 95% dengan kategori sangat praktis, dan penilaian respon peserta didik pada uji coba kelompok besar mendapatkan skor nilai rata-rata 87,87% dengan kategori sangat praktis. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah e-modul pembelajaran menggunakan aplikasi quizizz materi harmoni dalam ekosistem dinyatakan valid, praktis dan layak digunakan.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, e-modul, quizizz
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Syafa'atin
Date Deposited: 03 Jul 2024 06:40
Last Modified: 03 Jul 2024 06:40
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/66202

Actions (login required)

View Item View Item