Panigoro, R.A. Rafika (2024) Pengaruh Konsep Diri Terhadap Penyesuaian Diri Siswa di SMA Negeri 3 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (28kB) |
![]() |
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (262kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (100kB) |
![]() |
Text
Bab 1 Pendahuluan.pdf Download (245kB) |
![]() |
Text
Bab 5 Kesimpulan.pdf Download (104kB) |
![]() |
Text
full skripsi rafika.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
Dapus.pdf Download (221kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terkait dengan ketidakmampuan siswa dalam melakukan penyesuaian diri disekolah yang ditunjukkan melalui perilaku-perilaku yaitu melanggar peraturan disekolah, sering terlambat, sering tidak mengerjakan tugas sekolah, bolos dan berkelahi dengan temannya sendiri. Penyesuaian diri yang dimiliki seseorang dapat dipengaruhi oleh konsep diri yang dimilikinya. Tujuan penelitian yaitu untuk mengungkapkan tingkat konsep diri siswa, mengungkapkan tingkat penyesuaian diri siswa disekolah serta mengungkapkan pengaruh konsep diri terhadap penyesuaian diri siswa di SMA Negeri 3 Kota Jambi. Pada penelitian ini konsep diri yang dimaksud dilihat dari pengetahuan, harapan dan penilaian individu mengenai dirinya sendiri yang dibandingkan dengan orang lain. Sedangkan penyesuaian diri yang dimaksud dibatasi pada kemampuan berperilaku, kemampuan ketahanan diri, kemampuan mengatur emosi serta kemampuan untuk mehamami dan mempelajari sesuatu yang berkaitan dengan lingkungan dimana individu tersebut berada. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian expost-facto. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas Fase F SMA Negeri 3 Kota Jambi tahun ajaran 2023/2024 dengan jumlah 466 siswa. Sistem penarikan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Adapun jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 59 siswa yang memiliki kriteria menunjukkan perilaku ketidakmampuan dalam melakukan penyesuaian diri disekolah. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket dengan skala likert sedangkan analisis data dilakukan melalui uji persentase dan uji regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep diri berada ditingkat rendah dengan persentase sebesar 36% dan tingkat penyesuaian diri berada ditingkat rendah dengan persentase sebesar 32%. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa variabel konsep diri (X) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap penyesuaian diri (Y) siswa dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan besaran persentase pengaruhnya sebesar 26,9% yang berada pada tingkatan cukup kuat.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konsep Diri, Penyesuaian Diri |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Panigoro |
Date Deposited: | 05 Jul 2024 02:44 |
Last Modified: | 05 Jul 2024 02:44 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/66227 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |