Pengembangan e-Modul Berbasis Etnokimia Pada Materi Reaksi Reduksi dan Oksidasi Untuk Menumbuhkan Literasi Kimia Peserta Didik

Awanda, Julisti (2024) Pengembangan e-Modul Berbasis Etnokimia Pada Materi Reaksi Reduksi dan Oksidasi Untuk Menumbuhkan Literasi Kimia Peserta Didik. S1 thesis, UNIVERSITAS UNJA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (78kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (114kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (128kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (139kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (113kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (124kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Awanda, Julisti. 2024. “Pengembangan e-Modul Berbasis Etnokimia Pada Materi Reaksi Reduksi Dan Oksidasi Untuk Meningkatkan Literasi Kimia Peserta Didik”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Afrida, S.Si., M.Si.(II) Aulia Sanova, S.T., M.Pd. Kata Kunci : e-Modul, Etnokimia, Reaksi Redoks, Literasi Kimia e-Modul atau dikenal dengan modul elektronik adalah salah satu jenis modul yang didalamnya terdapat teks, gambar, grafik, animasi, dan juga video yang bisa diakses dimanapun dan kapanpun. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-Modul berbasis etnokimia pada materi reaksi reduksi dan oksidasi untuk menumbuhkan literasi kimia peserta didik serta untuk mengetahui kelayakan, respon peserta didik dan kemampuan literasi kimia dari media yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan Lee & Owens. Instrument penilaian yang digunakan berupa lembar pedoman wawancara dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif komentar dan saran dan analisi data kuantitatif (rata-rata jawaban dan persentase). Hasil penelitian ini diperoleh dari ahli media dan ahli materi masing-masing rerata skor sebesar 4,86 dan 4,93 dalam kategori sangat layak. Selanjutnya, diperoleh penilaian praktisi oleh guru kimia dengan rerata skor sebesar 4,93 (sangat layak), serta mendapat respon yang sangat baik dari peserta didik dengan persentase 92% dan kemampuan literasi kimia diperoleh skor 80,9. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis etnokimia pada materi reaksi reduksi dan oksidasi dapat menumbuhkan literasi kimia peserta didik serta layak digunakan secara konseptual dan prosedural sebagai salah satu sumber belajar yang dapat membantu peserta didik dalam memahami konsep secara mandiri. ABSTRACT Awanda, Julisti. 2024. "Development of an Ethnochemical Based e-Module on Materials Reduction and Oxidation Reactions to Improve Participants' Chemical Literacy Educate.” Thesis, Chemistry Education Study Program, Department of Education Mathematics and Natural Sciences Faculty of Teacher Training and Science Jambi University Education. Supervisor: (I) Afrida, S.Si., M.Sc. (II) Aulia Sanova, S.T., M.Pd. Keywords: e-Module, Ethnochemistry, Redox Reactions, Chemical Literacy e-Modules or known as electronic modules are one type modules which contain text, images, graphics, animations and also videos can be accessed anywhere and anytime. This research aims to develop an ethnochemistry-based e-Module on reduction and oxidation reaction material to grow participants' chemical literacy students and to determine eligibility, student responses and abilities chemical literacy from the media that has been developed. This research is development research using a model Lee & Owens development. The assessment instrument used is in the form of a sheet interview and questionnaire guidelines. The data analysis technique used is analysis qualitative data comments and suggestions and analysis of quantitative data (average of answers and percentage). The results of this research were obtained from media experts and respective material experts The average scores were 4.86 and 4.93 in the very decent category. Furthermore, Practitioner assessment was obtained by chemistry teachers with a mean score of 4.93 (very worthy), and received a very good response from students with a percentage 92% and chemical literacy ability obtained a score of 80.9. Based on the results obtained, it can be concluded that e-module Ethnochemistry based on reduction and oxidation reaction materials can grow students' chemical literacy and is suitable for use conceptually and procedurally as a learning resource that can help students in learning understand concepts independently.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: e-Modul, Etnokimia, Reaksi Redoks, Literasi Kimia
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Awanda
Date Deposited: 03 Jul 2024 07:53
Last Modified: 03 Jul 2024 07:53
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/66256

Actions (login required)

View Item View Item