Nuhmah, Dina Saidatul (2024) Strategi Komunikasi Interpersonal Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring di SD Pada Masa Pendemi Covid-19. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (42kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (113kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (43kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (52kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (107kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (174kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Pendemi Covid-19 memberikan dampak signifikan pada berbagai sektor, terutama pendidikan, pemerintah pusat dan daerah mengeluarkan kebijakan untuk meniadakan aktivitas pendidikan secara langsung guna memutus rantai penyebaran virus corona. Pembelajaran pun dialihkan ke metode daring, tanpa tatap muka. Peralihan mendadak dari pembelajaran daring membawa berbagai tantangan sehingga mengharuskan guru memahami bagaimana cara mempertahankan komunikasi interpersonal yang efektif meskipun berada dalam lingkungan virtual. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi komunikasi interpersonal yang digunakan guru dalam pelaksanaan pembelajaran daring di SD pada masa pademi Covid-19. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 111/I Muara Bulian pada tanggal 11 januari sampai 11 februari 2021 dengan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Data dalam penelitian ini berupa deskripsi tentang strategi komunikasi interpersonal guru dalam pelaksanaan pembelajaran daring di SD pada masa pandemi Covid-19 yang dikumpulkan melalui metode wawancara, observasi sebagai data utama, dan dokumentasi sebagai data pendukung. Setelah dilakukan pengumpulan data, kemudian dilakukan analisis data secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi interpersonal yang digunakan guru dalam menggunakan teknologi aplikasi WhatsApp dan aplikasi Zoom yaitu pada saat guru menggunakan aplikasi Zoom guru memerintahkan siswa untuk tenang selama pembelajaran, guru mengaktifkan tombol mute selama pembelajaran kelas virtual. Selanjutnya pada aplikasi WhatsApp Guru melakukan Vidio Call dengan siswa, guru melakukan chat pribadi dengan siswa, guru membuat grup antara guru dan siswa di media sosial WhatsApp,mengadakan kelas sharing serta membuat grup antara guru dengan siswa dan orangtua siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi komunikasi interpersonal yang digunakan oleh guru dapat meningkatkan keterlibatan dan motivasi siswa, memberikan dukungan emosional serta menjaga keseimbangan antara waktu belajar dan istirahat serta menciptakan hubungan positif antara guru dan orang tua. Penelitian ini menunjukkan bahwa dengan pendekatan yang tepat, pembelajaran daring dapat berjalan efektif, dan komunikai interpersonal yang baik antara guru,siswa dan orang tua adalah kunci utama dalam proses ini. Abstract The Covid-19 pandemic has had a significant impact on various sectors, especially education, the central and regional governments have issued policies to eliminate direct educational activities in order to break the chain of spread of the corona virus. Learning has also been shifted to online methods, without face to face. The sudden transition from online learning brought various challenges that required teachers to understand how to maintain effective interpersonal communication even in a virtual environment. This research aims to describe the interpersonal communication strategies used by teachers in implementing online learning in elementary schools during the Covid-19 pandemic. This research was carried out at SDN 111/I Muara Bulian from 11 January to 11 February 2021 using a qualitative research method with a phenomenological research type. The data in this research is in the form of a description of teachers' interpersonal communication strategies in implementing online learning in elementary schools during the Covid-19 pandemic which was collected through interview methods, observation as main data, and documentation as supporting data. After data collection, qualitative data analysis was carried out. The results of this research show that the interpersonal communication strategy used by teachers in using WhatsApp application technology and the Zoom application is that when the teacher uses the Zoom application the teacher orders students to be quiet during learning, the teacher activates the mute button during virtual class learning. Furthermore, in the WhatsApp application, teachers make video calls with students, teachers have private chats with students, teachers create groups between teachers and students on WhatsApp social media, hold sharing classes and create groups between teachers, students and students' parents. Based on the research results, it can be concluded that the interpersonal communication strategies used by teachers can increase student involvement and motivation, provide emotional support and maintain a balance between study and rest time and create positive relationships between teachers and parents. This research shows that with the right approach, online learning can run effectively, and good interpersonal communication between teachers, students and parents is the main key in this process.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Interpersonal Communication Strategy, Online learning |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | NUHMAH |
Date Deposited: | 05 Jul 2024 03:12 |
Last Modified: | 05 Jul 2024 03:12 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/66405 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |