Pengaruh Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina 2 Kota Jambi

Syafina, Nurizati (2024) Pengaruh Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina 2 Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (158kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (194kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (188kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (108kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (199kB)
[img] Text
SKRIPSI REPOSITORY.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf

Download (158kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Kreativitas anak usia dini perlu distimulasi namun masih terdapat bebersps permasalaan diantaranya anak kurang inisiatif dalam pengerjaan tugas, kurang berminat dalam kegiatan pembelajaran dan mencoba hal-hal baru, anak belum mampu membuat karya dengan idenya sendiri, anak belum mampu meenuangkan ide-idenya untuk membuat suatu karya, serta anak masih terpaku pada instruksi guru dan meniru temannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model project based learning (PjBL) terhadap kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina 2 Kota Jambi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terhadap kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina 2 Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian Pre-Experimental. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah 102 anak, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 22 anak. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan jenis teknik purposive sample. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan lembar observasi sebagai instrumen penelitian yang telah diuji validasi. Teknik analisi data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan Paired Samples Test. Hasil dari analisi data menggunakan pengujian hipotesis uji-t Paired Samples Test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,000 <0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina 2 Kota Jambi pada data pre test dan post test. Untuk melihat berapa besar pengaruh, dapat diketahui dengan perhitungan effect size menggunakan rumus cohen’s, besarnya pengaruh penggunaan model Project Based Learning (PjBL) terhadap kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina 2 Kota Jambi sebesar 4,1. Dasil tersebut didalam tabel kriteria interpretasi nilai cohen’s termasuk kedalam kategori yang berefek kuat (strong effect) terhadap kreativitas anak usia 5-6 tahun. Berdasarkan hasil dari penelitian dan pembahasan didapatkan kesimpulan bahwa model Project Based Learning (PjBL) berpengaruh positif terhadap kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina 2 Kota Jambi.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning (PjBL), Kreativitas
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Syafina
Date Deposited: 08 Jul 2024 01:50
Last Modified: 08 Jul 2024 01:51
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/66553

Actions (login required)

View Item View Item