Sari, Windi Yolanda (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berorientasi Chemo-Entrepreneurship (CEP) Menggunakan Web Google Sites pada Materi Laju Reaksi di SMA. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (87kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (258kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (165kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (109kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (235kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (288kB) |
Abstract
Penggunaan media pembelajaran interaktif dapat membantu terlaksananya pembelajaran yang lebih mandiri dan mampu meningkatkan minat belajar siswa. Laju reaksi merupakan salah satu materi kimia yang sangat kompleks dan bersifat abstrak dengan cakupan materi yang diajarkan berkaitan dengan bahan atau senyawa kimia dengan tujuan untuk mendapatkan produk dengan kelajuan tertentu. Pendekatan Chemo-Entrepreneurship (CEP) merupakan pendekatan kimia yang menghubungkan pembelajaran kimia dengan benda atau fenomena nyata di sekitar kehidupan sehari-hari manusia dan disaat yang sama memperoleh kesempatan bagi siswa untuk belajar proses pengolahan suatu bahan menjadi suatu produk yang berguna dan bernilai ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan, kelayakan secara konseptual menurut para ahli media dan materi, kelayakan secara prosedural dari penilaian guru bidang studi dan respon peserta didik terhadap Media Pembelajaran Interaktif Berorientasi Chemo-Entrepreneurship (CEP) Menggunakan Web Google Sites pada Materi Laju Reaksi yang dikembangkan.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model Lee & Owens. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar pedoman wawancara dan angket. Produk hasil dari pengembangan divalidasi oleh ahli materi dan media serta dinilai oleh guru yang selanjutnya dilakukan uji coba kelompok kecil. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil dari penelitian ini bahwa Media Pembelajaran Interaktif Berorientasi Chemo-Entrepreneurship (CEP) Menggunakan Web Google Sites pada Materi Laju Reaksi mendapatkan hasil kelayakan ahli media sebesar 4,46 (sangat layak), ahli materi sebesar 4,56 (sangat layak), penilaian guru sebesar 4,56 (sangat layak), dan dari respon peserta didik memiliki persentase 90% (sangat layak).Berdasarkan pengembangan dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Media Pembelajaran Interaktif Berorientasi Chemo-Entrepreneurship (CEP) Menggunakan Web Google Sites pada Materi Laju Reaksi sudah layak secara konseptual sebagai media pembelajaran dalam pembelajaran kimia. The use of interactive learning media can help implement more independent learning and be able to increase student interest in learning. Reaction rate is one of the chemical materials that is very complex and abstract in nature with the scope of material taught relating to materials or chemical compounds with the aim of obtaining products with a certain speed. The Chemo-Entrepreneurship (CEP) approach is a chemical approach that connects chemical learning with real objects or phenomena around human daily life and at the same time provides opportunities for students to learn the process of processing a material into a useful and economically valuable product. This study aims to determine the development process, conceptual feasibility according to media and material experts, procedural feasibility from the assessment of subject teachers and students' responses to Chemo-Entrepreneurship Oriented Interactive Learning Media (CEP) Using Web Google Sites on Reaction Rate Material developed.This research is a development research using Lee & Owens model. The research instruments used were interview guidelines and questionnaires. Products from the development were validated by material and media experts and assessed by teachers who then conducted small group trials. The data analysis techniques used were qualitative data analysis and quantitative data analysis.The results of this study that Chemo-Entrepreneurship Oriented Interactive Learning Media (CEP) Using Web Google Sites on Reaction Rate Material get media expert feasibility results of 4.46 (very feasible), material experts of 4.56 (very feasible), teacher assessment of 4.56 (very feasible), and from the response of students has a percentage of 90% (very good).Based on the development and research results, it can be concluded that Chemo-Entrepreneurship (CEP) Oriented Interactive Learning Media Using Web Google Sites on Reaction Rate Material is conceptually feasible as a learning media in chemistry learning.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran Interaktif, Chemo-Entrepreneurship, Google Sites, Laju Reaksi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | SARI |
Date Deposited: | 08 Jul 2024 02:23 |
Last Modified: | 08 Jul 2024 02:23 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/66603 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |