piko, ar PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SDN 64/I MUARA BULIAN. PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SDN 64/I MUARA BULIAN.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (325kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (106kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (92kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (114kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (9kB) |
Abstract
ABSTRAK Arpiko, 2019. Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Keleas V SDN 64/I Muara Bulian. Pembimbing I Drs. Faizal Chan M.Si, Pembimbing II Hendra Budiono, S.Pd M,Pd. Kata Kunci: Pendekatan Keterampilan Proses, dan Aktivitas Belajar. Proses pembelajaran akan lebih bermakna apabila desain pembelajaran yang diterapkan melibatkan aktivitas siswa secara aktif. Aktivitas belajar siswa merupakan unsur dasar yang penting bagi keberhasilan proses pembelajaran IPA, karena pada pembelajaran IPA siswa dituntut untuk menemukan sebuah konsep, dan fakta. Karena itu, upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan aktivitas siswa dapat dilakukan dengan cara salah satunya penerapan pendekatan keterampilan proses. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 64/I Muara Bulian pada semester ganjil Tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari II siklus dengan prosedur diawali dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini siswa kelas VA SDN 64/I Muara Bulian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan aktivitas belajara siswa pada pembelajaran IPA kelas VA SDN 64/I Muara Bulian. Hasil observasi terhadap indikator keterampilan proses yang terdiri dari mengamati, memprediksi, mengkomunikasi, mengklasifikasi, menyimpulkan dan mengukur. Adapun persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 42% dengan kategori cukup baik, hal ini mengalami peningkatan sebesar 12% dari prasiklus yaitu dengan persentase aktivitas siswa sebesar 30%. Siklus II juga mengalami peningkatan dari pada siklus I yaitu mengalami peningkatan 43% dengan capaian persentase 85% dengan kategori sangat baik. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa penerapan pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan aktivitas belajar siwa pada pembelajaran IPA kelas VA SDN 64/I Muara Bulian, disarankan agar guru lebih menekankan pada keterampilan siswa pada pembelajaran IPA, karena guru pemegang peran dalam kegiatan pembelajaran mestinya meningkatkan kemampuan dalam mengajar, penggunaan media, dan memvariasikan strategi yang tepat. Siswa harus juga dilatih memanfaatkan sarana dan prasarana.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | ARPIKO |
Date Deposited: | 25 Jan 2019 06:54 |
Last Modified: | 25 Jan 2019 06:54 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6912 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |