Pengembangan Video Animasi berbasis STEM sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa pada Materi Peluang Kelas X SMA

Setiawan, Asep (2024) Pengembangan Video Animasi berbasis STEM sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa pada Materi Peluang Kelas X SMA. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (71kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (118kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (73kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (41kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (142kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (409kB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mendeskripsikan media pembelajaran berbentuk video animasi berbasis STEM untuk Meningkatkan Kemampuan literasi Matematis Siswa pada Materi Peluang Kelas X SMA. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan ADDIE yaitu Analyze (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), Evaluate (evaluasi). Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 9 Kota Jambi. Sumber data diambil dari hasil wawancara, angket dan tes kemampuan literasi matematis siswa. Kualitas produk berupa video animasi berbasis STEM dilihat dari aspek valid, praktis serta efektif. Pada video animasi ini didapat hasil uji kualitas video animasi berbasis STEM, pada validasi materi didapat persentase sebesar 89,41% yang tergolong “sangat valid”, sedangkan pada validasi materi sebesar 91,67% yang tergolong “sangat valid. Hasil uji kepraktisan didapat persentase 83,33% tergolong “sangat praktis” pada uji coba satu-satu, sedangkan pada uji coba kelompok kecil sebesar 85,28% yang tergolong “sangat praktis”. Uji keefektifan didapat persentase N-gain 58,91% yang tergolong cukup efektif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa video animasi berbasis STEM yang dibuat memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif serta layak digunakan.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: animasi, literasi matematis, STEM, video
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: SETIAWAN
Date Deposited: 09 Oct 2024 01:17
Last Modified: 09 Oct 2024 01:17
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/71155

Actions (login required)

View Item View Item