Sitanggang, Dini Lestria (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CORE BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (12kB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (746kB) |
![]() |
Text
Lembar Persetujuan dan Pengesahan.pdf Download (359kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (181kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (69kB) |
![]() |
Text
Daftar Rujukan.pdf Download (141kB) |
Abstract
ABSTRAK Sitanggang, Dini Lestria. 2024. Pengaruh Penerpan Model Pembelajaran CORE Berbantuan Geogebra Terhadap Kemampuan Berpiki Kritis Siswa Kelas VIII Materi Bangun Ruang Sisi Datar: Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Dra. Dewi Iriani, M.Pd., (II) Marlina, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran CORE, Software Geogebra, Kemampuan Berpikir Kritis, Bangun Ruang Sisi Datar Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa di SMP Negeri 1 Muaro Jambi, berdasarkan hasil ulangan siswa terkait materi Lingkran yang rendah terlihat bahwa siswa rendah dalam memecahkan suatu permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran berbantuan Geogebra berpengaruh secara signifikan terhadap nilai rerata kemampuan berpikir kritis siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP Negeri 1 Muaro Jambi Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian adalah posttest only kontrol design, dengan jenis penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Muaro Jambi pada tahun ajaran 2023/2024, sampel diambil dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling dengan dua kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa menggunakan lembar observasi keterlaksanaan Guru dan siswa serta tes uraian untuk mengukur berpikir kritis siswa Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh asumsi sebelum menguji hipotesis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Pada uji normalitas menggunakan uji Kolmogorov-Sminrnov diperoleh nilai asymp. Sig. dari kelas eksprimen I, kelas eksperimen II, dan kontrol di mana memiliki nilai sig. lebih dari > 0,05 maka H0 diterima artinya bahwa data tes kemampuan berpikir kritis siswa berdistribusi normal dan untuk uji Homogenitas menggunakan uji leneve, sehingga diperoleh nilai sig adalah 0,324 > 0,05 maka H0 diterima artinya varians data bersifat homogen. Setelah uji asumsi telah terpenuhi maka dilakukan uji hipotesis yakni uji ANOVA. Uji ini diperoleh nilai sig. 0,00 < 0,05 maka H0 ditolak artinya ada terdapat pengaruh secara signifikan model pembelajaran CORE berbantuan Geogebra terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII materi bangun ruang sisi datar. Kemudian dilakukan Uji Tukey untuk diperoleh kelas kontrol memiliki perbedaan secara signifikan terhadap kelas ekperimen I dan kelas eksperimen II, tetapi kelas eksperimen I dan kelas eksperiman II tidak memiliki perbedaan secara signifikan. Akan tetapi, nilai rerata kelas ekperimen I lebih besar daripada kelas eksperimen II, yakni: 75,93 > 73,27 dan berdasarkan keterlaksanaan observasi siswa nilai kelas eksperimen I lebi besar daripada kelas eksperimen II, yakni Model pembelajaran CORE Berbantuan Geogebra dapat digunakan sebagai pilihan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan Berpikir Kritis Siswa
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran CORE, Software Geogebra, Kemampuan Berpikir Kritis, Bangun Ruang Sisi Datar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Sitanggang |
Date Deposited: | 11 Oct 2024 02:26 |
Last Modified: | 11 Oct 2024 02:26 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/71404 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |