NILDI, EBI and HADINATA, REZA and YANTO, ANGGEL HARDI (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DRIBBLLING SEPAK BOLA PADA SISWA SMA NEGERI 9 MERANGIN. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (448kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (148kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (63kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (136kB) |
![]() |
Text
Halaman persetujuan.pdf Download (392kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI, GAMBAR, TABEL, LAMPIRAN.pdf Download (553kB) |
![]() |
Text
Skripsi Full Ebi Nildi.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
“Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dribblling Sepak Bola Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 9 Merangin” Program Studi Pendidikan Olahraga dan Kesehatan FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Dr.Reza Hadinata S.Si,M.Pd, (II) Angel Hardi Yanto, S.Pd.,M.Pd. Kata Kunci: Learning-Discovery, Dribblling Sepak Bola, Hasil Belajar. Berdasarkan Permasalahan Yang Telah Diuraikan, Penulis Terdorong Untuk Melakukan Penelitian Lebih Lanjut Mengenai Penerapan Model Learning-Discovery Guna Meningkatkan Hasil Belajar Dribblling Sepak Bola Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 9 Merangin. Tujuan dari pembelajaran ini adalah untuk mengidentifikasi apakah terdapat peningkatan dalam hasil belajar dribblling sepak bola pada siswa. penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), di mana tindakan dilakukan pada kelas yang dipilih dengan menerapkan metode pembelajaran untuk mata pelajaran sepak bola, dengan populasi yang terdiri dari 24 siswa kelas XI IPS SMA Negeri 9 Merangin. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dalam II siklus terdapat perbedaan nilai yang signifikan, dimana pra tindakan hasil ketuntasan klasikal hanya 21% dari jumlah siswa 24 siswa. Kemudian setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menerapakan metode learning- discovery maka terjadi peningkatan persentase ketuntasan belajar pada pembelajaran siklus I meningkat menjadi 14 siswa dengan ketuntasan 58% meningkat dari sebelum diberikannya tindakan namun karena ketuntasan klasikal mencapai 75% yang dimana masih belum mencapai target ketuntasan maka dilanjutkan dengan siklus II, dan pada siklus II ini meningkat menjadi 24 siswa dengan ketuntasan klasikal 100%. Dari penjelasan tersebut dapat diketahui bahwa pada pembelajaran yang menggunakan penerapan learning- discovery dapat meningkatkan persentase ketuntasan belajar yang signifikan.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning-Discovery, Dribblling Sepak Bola, Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Olahraga dan Kesehatan |
Depositing User: | NILDI |
Date Deposited: | 06 Dec 2024 03:45 |
Last Modified: | 06 Dec 2024 03:45 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/72411 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |