PENGARUH KEGIATAN MERONCE GEOMETRI TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL GEOMETRI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK KEMBAR LESTARI KOTA JAMBI

Zahrah Ananthy, Hanifah (2024) PENGARUH KEGIATAN MERONCE GEOMETRI TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL GEOMETRI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK KEMBAR LESTARI KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (34kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (34kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (86kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (999kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (131kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (93kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (170kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Zahrah Ananthy, Hanifah. 2024. Pengaruh Kegiatan Meronce Geometri Terhadap Mengenal Kemampuan Geometri Anak Usia 5-6 Tahun di TK Kembar Lestari Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, FKIP, Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dra. Kasmiati, M. Pd. (II) Winda Sherly Utami, M. Pd. Kata Kunci : Kegiatan Meronce Geometri, Kemampuan Mengenal Geometri, Anak Usia 5-6 tahun Penelitian ini di latarbelakangi oleh observasi awal di lapngan yang menunjukkan bahwa terdapat beberapa anak dengan kemampuan mengenal geometri yang belum berkembangan dengan maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari kegiatan meronce geometri terhadap kemampuan mengenal geometri anak usia 5-6 tahun di TK Kembar Lestari Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen yang berdesaian quasi experimental desain. Sampel di dalam penelitian ini berjumlah 30 anak. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi terstruktur dengan instrumen penelitian yang telah teruji validitasnya. Teknik analisis data yang digunakan ialah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi perbedaan kenaikan nilai rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil post test yang dilakukan, diketahui nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi 1,2 dari kelas kontrol. Hasil dari analisis data menggunakan uji independent sample t-test menunjukkan perolehan nilai probabilitas Sig. (2-tailed) sebesar 0,026 sehingga (P = 0,026 < 0,05), sesuai dengan ketentuan pengambilan keputusan maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan didapatkan kesimpulan bahwa terdapat pengaruh kegiatan meronce geometri terhadap kemampuan mengenal geometri anak usia 5-6 tahun di TK Kembar Lestari Kota Jambi.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kegiatan Meronce Geometri, Kemampuan Mengenal Geometri, dan Anak Usia 5-6 tahun
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: ANANTHY
Date Deposited: 08 Jan 2025 04:13
Last Modified: 08 Jan 2025 04:13
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/73637

Actions (login required)

View Item View Item