Husada, Alfiyani (2024) Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Perbandingan Ditinjau Dari Self Confidence Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (11kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (116kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (19kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (43kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (85kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (15MB) |
Abstract
ABSTRAK Husada, Alfiyani. 2024. Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Perbandingan Ditinjau dari Self Confidence pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dra. Roseli Theis, M.S., (II) Sri Winarni, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Kemampuan literasi matematis, perbandingan, self confidence Pendidikan memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia, terutama melalui pembelajaran matematika yang melatih kemampuan berpikir kritis dan logis. Namun, hasil PISA 2023 menunjukkan literasi matematis siswa Indonesia masih tergolong rendah. Observasi di kelas VII SMP Negeri 5 Kota Jambi menunjukkan bahwa siswa kesulitan memenuhi indikator literasi matematis, terutama dalam materi perbandingan, seperti merumuskan masalah serta menggunakan matematika dalam konsep, fakta, prosedur dan penalaran. Rendahnya kemampuan ini dipengaruhi oleh tingkat self confidence siswa yang juga masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan literasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah perbandingan ditinjau dari self confidence pada siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 5 Kota Jambi tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 6 orang siswa kelas VII-A SMP Negeri 5 Kota Jambi masing-masing 2 siswa dengan self confidence tinggi, self confidence sedang, dan self confidence rendah. Instrumen pada penelitian ini berupa angket self confidence, soal tes kemampuan literasi matematis, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan self confidence tinggi, self confidence sedang, dan self confidence rendah memiliki kemampuan literasi matematis yang berbeda-beda. Siswa dengan self confidence tinggi yaitu SCT-1 dan SCT-2 memenuhi semua indikator kemampuan literasi matematis yang terdiri dari formulate, employ, dan interpret. Siswa dengan self confidence sedang yaitu SCS-1 dan SCS-2 mampu memenuhi indikator formulate, namun belum sepenuhnya memenuhi indikator employ, dan belum memenuhi indikator interpret. Siswa dengan self confidence rendah yaitu SCR-1 dan SCR-2 belum mampu memenuhi semua indikator kemampuan literasi matematis yang terdiri dari formulate, employ, dan interpret.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan literasi matematis, perbandingan, self confidence |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | HUSADA |
Date Deposited: | 09 Jan 2025 02:32 |
Last Modified: | 09 Jan 2025 02:32 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/73843 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |